22 September 2021, 08:45 WIB

Capaian Vaksinasi Covid di Kabupaten Sikka Baru 26 Persen


Gabriel Langga | Nusantara

REALISASI vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, sejak dimulainya penyuntikan vaksin Covid-19 dari Januari hingga September 2021, baru mencapai 26 persen dari target  228.606 jumlah sasaran.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, dokter Clara Francis kepada mediaindonesia.com, Rabu (22/9) mengakui, capaian vaksin Covid-19 lambat. Namun, pelan-pelan terus meningkat, sebelumnya pada 7 September 2021, vaksinasi Covid-19 baru 17 persen. Berkat keterlibatan beberapa lembaga termasuk TNI/POLRI dengan vaksinasi di Sikka mencapai 26 persen.

"Dari evaluasi pelaksanaan vaksinasi di Sikka, baru mencapai 26 persen atau 60.019 dari target 228.606 orang. Capaian ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara masyarakat, tenaga kesehatan, relawan dan berbagai pihak yang berkontribusi di dalamnya," ujar Dokter Clara Francis.

Clara mengatakan, dari sasaran vaksin 228.606 warga Sikka ditargetkan akhir tahun bisa 80 sampai 90 persen divaksin. Saat ini, pihaknya terus melakukan vaksinasi untuk mencapai herd immunity sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

"Kita inikan tergantung pusat mengirimkan dosis vaksinnya, ketika vaksin dari pusat tiba di Sikka kita langsung melakukan vaksinasi di setiap puskesmas . Pelaksanaan vaksinasi ini juga tergantung berapa stok vaksin Covid-19 yang dikirim dari pusat untuk kita. Prinsipnya vaksin Covid-19 tiba kita langsung bergerak melakukan penyuntikan kepada warga kita," ungkap dokter Clara

Terkait vaksinasi untuk ibu hamil, jelas dia, dari sasaran 1.948 ibu hamil di Sikka sudah seluruhnya divaksinasi Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi dilakukan serentak di setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Sikka. Hal ini dikatakan sukses dikarenakan selama pelaksanaan vaksinasi terhadap ibu hamil tidak ada pun gejala yang dialami.

"Setelah ibu hamil jalani vaksinasi dosis pertama, tidak ada gejala apapun. Semua kondisi baik-baik," ujar dia. (OL-13)

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi Covid-19 untuk Remaja di NTT Masih Rendah

BERITA TERKAIT