21 September 2021, 11:38 WIB

Kodim 1624/Flotim Luncurkan Program GEJALA di Lembata


Alexander P. Taum | Nusantara

KOMANDO Distrik  Militer (Kodim) 1624/Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur, meluncurkan Program Deklarasi Gerakan Jaga Alam (GEJALA), dengan memasang pompa hidran. Untuk mengatasi krisis air bersih yang masih menjadi masalah menahun di Lembata.

Komandan Kodim 1624/Flotim, Letkol Czi. Imanda Setyawan S.T.,M.I.P, Senin (20/9), memimpin pemasangan pompa hidran guna membantu masyarakat Desa Panama, Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata dan sekitarnya yang hingga saat ini masih kesulitan air bersih.

Menurut Dandim Imanda Setyawan, pemasangan pompa hidran ini untuk memompa air yang terletak di dataran lebih rendah dari pemukiman. Kesulitan air bersih warga bermukim di lereng Gunung Uyelewun, disebabkan kondisi pemukiman yang terletak di dataran lebih tinggi dari mata air.

Diharapkan, jelas Letkol Czi Imanda Setyawan, krisis air bersih di Desa Panama dan sekitarnya yang saat ini mengalami kesulitan air bersih bisa terbantu.

Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga membeli air bersih dengan menggunakan mobil tanki air.

Dandim Imanda berharap, pompa hidram ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Panama dan sekitarnya, hingga mengurangi beban warga dalam masa Pandemi Covid-19.

"Adanya Pompa Air Hidram , diharapkan dapat dimanfaatkan dari secara berkelanjutan  dengan menjaga alam dan air demi kelestarian lingkungan dan memenuhi kebutuhan air bersih," ujar Imanda.

Selain membangun Pompa air Hidram, Pihak Kodim 1624 juga melakukan renovasi masjid Nurul Jamaah, Desa Normal Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata. (OL-13)

Baca Juga: BMKG: Hujan Deras Berpotensi Picu Banjir dan Longsor di Sumut

 

BERITA TERKAIT