19 September 2021, 11:20 WIB

Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 19 Orang, 16 Sembuh dan Dua Wafat


Djoko Sardjono | Nusantara

KOORDINATOR Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Cahyono Widodo, melaporkan ada penambahan 19 kasus terkonfirmasi positif, 16 orang sembuh, dan 2 meninggal dunia pada Sabtu (18/9).

Dengan penambahan kasus positif baru, kini jumlah kasus covid-19 di Klaten total mencapai 34.583 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 31.592 orang sembuh, 2.896 meninggal, dan 95 dalam perawatan tim medis Dinkes Klaten.

Sementara itu, penambahan 19 kasus terkonfirmasi positif, menurut Cahyono, 5 orang di antaranya kontak erat, 2 tertular saat di luar daerah, dan 12 orang lainnya terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten.

Di sisi lain, lanjut Cahyono, pasien 16 orang yang dinyatakan sembuh, sebelumnya mereka menjalani perawatan intensif di rumah sakit/isolasi di bawah penanganan dan pengawasan ketat tim medis Dinas Kesehatan Klaten.

Sekalipun pasien itu dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. "Dengan begitu, pasien yang baru sembuh itu diharapkan bisa benar-benar sehat," pesan Cahyono, Minggu (19/9).

"Adapun  kasus kematian 2 orang, kali ini, yakni pasien covid-19 yang tengah menjalani perawatan," kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Cahyono, yang juga Kepala Dinas  Kesehatan Klaten.

Kasus covid-19 di Klaten, kini mulai reda. Meski demikian, masyarakat diminta untuk tetap waspada. Pun disiplin protokol kesehatan ditingkatkan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun. (OL-13)

Baca Juga: JK Minta PMI Provinsi Gencarkan Program Vaksinasi

 

BERITA TERKAIT