18 September 2021, 07:19 WIB

Objek Wisata di Kaliurang Perlu Dukungan Transportasi Umum


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

PEMERINTAH Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewacanakan pembukaan kembali trayek transportasi umum menuju objek wisata Tlogoputri, Kaliurang, Sleman. Dengan adanya rute ini, objek wisata di Kaliurang lebih mudah dijangkau masyarakat luas, terutama yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan pihaknya tengah mengkaji untuk menghidupkan kembali angkutan umum menuju objek wisata Tlogoputri, Kaliurang, Sleman.

"Transportasi umum perlu dihubungkan langsung dengan objek wisata Tlogoputri," kata dia saat uji coba jalur bus dari Yogyakarta menuju Tlogoputri, Jumat (17/9).

Ia menyebut, sampai saat ini, jalur bus Trans-Jogja hanya sampai Pakem, Sleman. Jalur bus Trans-Jogja tidak bisa melayani hingga Kaliurang karena Trans-Jogja hanya melayani di daerah aglomerasi Kota Yogyakarta. Dulu pernah ada Bus Baker yang melayani penumpang hingga Tlogoputri, tetapi sudah lama tidak beroperasi.

Baca juga: Wisata Kaliurang Diserbu Pelancong

Made mengatakan, pihaknya akan memikirkan angkutan umum yang cocok untuk melayani jalur dari Terminal Pakem hingga Tlogoputri, misalnya dengan moda transportasi perintis.

Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah BUMD PT Anindya Mitra Internasional Dyah Puspitasari menyatakan pihaknya hanya melayani penumpang sampai Terminal Pakem. Bos operator bus Trans-Jogja ini mengatakan, menghidupkan rute hingga Tlogoputri bisa menghidupkan kembali wisata setelah pandemi.

"Adanya wacana seperti ini bisa mengangkat wisata di Kaliurang," kata dia.

Pihaknya hari itu sengaja mengoperasikan tiga bus Trans-Jogja rute Tlogoputri-Bandara Adisutjipto, Tlogoputri-Terminal Condong Catur, dan Tlogoputri-Terminal Pakem, hanya untuk uji coba.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyatakan rute angkutan umum Yogyakarta-Tlogoputri merupakan aspirasi dari masyarakat. Huda pun berharap, jalur bus hingga Tlogoputri bisa segera terealisasi.

"Kalau bisa direalisasikan sampai Tlogoputri, banyak warga yang akan menggunakan bus ini, baik untuk aktivitas sehari-hari, wisata, maupun olahraga," pungkasnya.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT