17 September 2021, 23:12 WIB

KSN Tingkat Provinsi 2021 Terapkan Sistem Proctoring


Widhoroso | Nusantara

KOMPETISI Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berlangsung secara daring, menerapkan sistem proctoring. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada semua peserta.

"Ini untuk pertama kalinya KSN-P tingkat provinsi diselenggarakan dengan menerapkan sistem proctoring (pengawasan). Setiap peserta wajib merekam dirinya menggunakan kamera pada saat kegiatan berlangsung yang kemudian diawasi oleh tim panitia melalui aplikasi Zoom," ungkap Penanggung Jawab Kegiatan KSN, Kusri, dalam keterangannya, Jumat (17/9).

Sistem Proctoring merupakan sebuah sistem pengawasan online yang dilakukan dengan cara merekam aktivitas yang dilakukan oleh peserta ujian, baik layar komputer yang digunakan, maupun wajah peserta ujian melalui webcam. Dengan sistem ini, pengawasan peserta dapat dilakukan secara langsung.

Lebih jauh, dikatakan dibanding pelaksanaan ajang yang sama tahun lalu, pelayanan KSN-P 2021 yang berlangsung 13-16 September 2021, mengalami peningkatan. Tercatat total persentase kehadiran peserta saat mengikuti tes yaitu mencapai 97,2% atau lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang mencapai 91,7%.

Sebelum pelaksanaan, jelasnya, Puspresnas terlebih dahulu melakukan uji coba sistem daring pada 6–10 September 2021. Dari uji coba tersebut dilakukan penyempurnaan sehingga pelaksanaan KSNP dengan sistem daring dapat berjalan lancar dan stabil.

"Lancarnya pelaksanaan KSN tingkat provinsi ini merupakan kerjasama panitia pusat dan dinas pendidikan provinsi. Selain itu, Puspresnas juga menyediakan layanan pengaduan agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari masyarakat. Layanan pengaduan tersebut dapat diakses melalui berbagai media sosial seperti Instagram, WhatsApp, maupun telegram," imbuhnya.

KSN Tingkat Provinsi 2021 untuk jenjang SMA diikuti sebanyak 20.577 siswa dari seluruh Indonesia. Para peserta terbai dalam 9 bidang studi yaitu Matematika dengan 1.999 siswa, Fisika (1.955 siswa), Kimia (1.484 siswa), Informatika (2.006 siswa), Biologi (2.205 siswa), Astronomi (2.766 siswa), Ekonomi (2.960 siswa)m, Kebumian (2.886 siswa) serta Geografi (3.116 siswa).

KSN tingkat provinsi akan menyeleksi wakil-wakil provinsi yang akan tamipl di KSN tingkat nasional. KSN tingkat nasional rencananya juga akan berlangsung dengan format daring. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT