16 September 2021, 09:09 WIB

Bupati Klaten Buka TMMD Sengkuyung III dan KBMKB X


Djoko Sardjono | Nusantara

KEGIATAN TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) X di Klaten (Jateng) dibuka Bupati Sri Mulyani di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (15/9).

TMMD Sengkuyung III di Kabupaten Klaten dilaksanakan di Desa Ketitang, Kecamatan Juwiring, sedangkan KBMKB X di Desa Burikan, Kecamatan Cawas. Kegiatan TMMD maupun KBMKB akan berlangsung selama 30 hari.

Kegiatan TMMD dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral. Kegiatan itu melibatkan kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian, pemerintah daerah, dan komponen masyarakat untuk mendukung program pemerintah.

Baca juga: Disurati Kadis Kesehatan, Kejari Sikka malah Tantang Duel

Program TMMD dan KBMKB digelar dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah. Selain itu, juga sebagai perwujudan komitmen TNI dan pemerintah, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Adapun sasaran kegiatan fisik TMMD Sengkuyung III di Desa Ketitang, Juwiring, yakni betonisasi jalan sepanjang 900 meter (lebar l,3 meter, dan tebal 15 cm), serta rehab atau perbaikan satu tempat ibadah.

Kemudian, sasaran kegiatan nonfisik TMMD di Desa Ketitang, yakni sosialisasi pencegahan dan pengendalian covid-19, posyandu, posbindu, serta pelayanan keluarga berencana, dan penyuluhan wawasan kebangsaan.

Sedangkan sasaran KBMKB X di Desa Burikan, kegiatan fisik betonisasi jalan 550 meter (lebar 1,3 meter dan tebal 15 cm), talud panjang 110 meter (lebar 50 cm dan tinggi 1 meter), dan rehab satu tempat ibadah.

Dalam sambutanya, Bupati Sri Mulyani mengatakan kegiatan TMMD di Klaten telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ini sejalan dengan program percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah.

TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program pemerintah pusat maupun daerah, terutama dalam pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

"Dengan kemanunggalan TNI, Pemkab Klaten, dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu jalan terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di Kabupaten Klaten," ujar Bupati Klaten.

Untuk keberhasilan pelaksanaan TMMD dan KBMKB, Sri Mulyani mengharapkan masyarakat turut berpartisipasi aktif dan mendukung kegiatan TMMD dan KBMKB di wilayahnya masing-masing. Kegiatan ini akan berlangsung selama 30 hari.

Pembukaan TMMD Sengkuyung III dan KBMKB X yang dilaksanakan di halaman pendopo Pemkab Klaten, dihadiri Wakil Bupati Yoga Hardaya, Dandim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, dan Forkopimda Klaten. (OL-1)

BERITA TERKAIT