15 September 2021, 15:45 WIB

Cara Sumut Dorong Minat Baca Generasi Muda di Provinsinya


Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMBENTUKAN Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca, atau GPMB, di tiap kabupaten dan kota diyakini dapat mendorong upaya peningkatan minat baca di Sumatra Utara.

Ketua GPMB Sumut Nawal Lubis mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat di provinsinya dan salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan membentuk GPMB di tingkat kabupaten dan kota. "Saya akan mendorong terbentuknya GPMB di daerah kabupaten/kota," ujar Nawal, Rabu (15/9).

Dia optimistis kendala-kendala terkait gerakan literasi bisa diselesaikan apabila GPMB di daerah terbentuk. Saat ini, ungkapnya, baru terbentuk satu GPMB tingkat kabupaten/kota, yaitu di Kabupaten Batubara.

GPMB akan bersinergi dengan setiap pihak, termasuk pemerintah daerah dan para pegiat literasi, dalam menyelesaikan kendala-kendala yang ada. Salah satu kendala kegiatan literasi yang ada di Sumut adalah kurangnya jumlah buku dan sarana.

Masyarakat, khususnya generasi muda, masih kesulitan akses mendapatkan buku sulit. Selain itu, banyak anak-anak juga tidak terpantau orangtuanya yang bekerja. 

Karena itu, GPMB di tingkat kabupaten dan kota juga akan diarahkan untuk mendirikan taman-taman bacaan bagi masyarakat umum.

Gerakan literasi oleh GPMB pun akan memperbanyak aktivitas-aktivitas pemberdayaan. Salah satunya untuk memotivasi masyarakat untuk melakukan perubahan pada dirinya masing-masing. (YP/OL-10)

BERITA TERKAIT