15 September 2021, 22:14 WIB

Pemkab OKU Timur Antisipasi Karhutbunla


Dwi Apriani | Nusantara

BERBAGAI upaya sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam mengantisipasi kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla). Salah satunya, Wakil Bupati OKU Timur, HM Adi Nugraha Purna Yudha meninjau kesiapsiagaan bencana oleh PT Wahana Karya (PT WK) di Kecamatan Jaya Pura.

Tidak hanya meninjau kesiapan petugas dan peralatan pemadam kebakaran, Wabup OKU Timur juga menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat peduli api dan terdampak covid-19 seputaran pemukiman perusahaan, Rabu (15/9).

Ia berpesan pada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membakar hutan dan lahan. "Masyarakat di sekitar perusahaan, kami meminta agar tidak membakar lahan sembarangan karena akibatnya yakni dampak buruk terhadap cuaca dan polusi udara," kata dia.

Ia menyebutkan, di Kabupaten OKU Timur sejauh ini sudah sangat cermat dalam hal kesiapsiagaan bencana. Bahkan untuk peralatan dalam mengantisipasi karhutla sudah sangat baik.

Ia juga menyebut, sejumlah perusahaan sawit di OKU Timur juga dinilai sudah siap, meski lahan diwilayah itu cukup besar resikonya terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Untuk itu, kami imbau juga kepada perusahaan agar tetap menjaga lingkungan jangan sampai OKU Timur muncul sebagai ibu kota terdampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan,'' kata dia.

Adi berharap pengaktifan pos komando data dan informasi tentang tenaga swadaya masyarakat disetiap desa/kelurahan. ''Termasuk rencana kerja dan penguasaan medan jalan, sungai, lapangan terbang, embung ataupun sumber air," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT