15 September 2021, 19:48 WIB

Karhutla Terjadi Lagi Di Ile Ape


Alexander P. Taum | Nusantara

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla), kembali terjadi di wilayah Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Rabu (15/9). Kali ini api membakar lahan warga tepatnya wilayah Waesesa, wilayah administratif Desa Petuntawa, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata.

Diperkirakan, lebih dari 2 hektare lahan ludes terbakar api. Sebuah mobil pemadam kebakaran datang membantu memadamkan kebakaran, namun api sulit dijinakkan karena terpaan angin kencang.

Ina Ero, warga setempat kepada media ini menyebutkan, sudah dua hari api membakar lahan kebun milik warga. Warga berupaya memadamkan api dengan menggunakan ranting kayu, namun sulit dipadamkan. Kebakaran terjadi begitu cepat karena kondisi angin kencang dan lahan  warga yang mengering akibat musim kemarau.

Kepala KPH Kabupaten Lembata, Linus Lawe menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan para pihak guna bersama sama bahu membahu
memadamkan api.

"Kebakaran ini bukan dalam kawasan hutan. Kami terus pantau. Kawasan  hutannya di sebelah kanan jalan utama menuju Desa Waowala, masuk sekitar 3 kilometer dari jalan," ujar Kepala KPH Kabupaten Lembata, Linus Lawe.

Meski demikian, dirinya mengerahkan stafnya guna membantu memadamkan kebakaran tersebut, meski dengan peralatan seadanya.

Kebakaran hutan dan lahan di Lembata, masih menjadi kasus yang terus berulang. Diduga kebakaran dipicu upaya para petani setempat yang sedang mempersiapkan lahan kebunnya guna menyambut musim penghujan yang diperkirakan akan berlangsung bulan Oktober mendatang. (OL-15)

BERITA TERKAIT