15 September 2021, 19:08 WIB

Tanggul Di Beberapa Sungai Di Indramayu Dalam Kondisi Kritis


Nurul Hidayah | Nusantara

BENCANA banjir mengancam beberapa wilayah di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat di musim penghujan. Pasalnya, sejumlah tanggul sungai di Kabupaten Indramayu dalam kondisi kritis.

Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, menjelaskan tanggul yang  kritis tersebar di sejumlah sungai. "Di Sungai Cimanuk, tanggul kritis tersebar di 10 titik, di Sungai Cipanas ada 11 titik dan beberapa titik lainnya di Sungai Cipunegara dan Sungai Cibuaya. “Beberapa titik belum diperbaiki," tutur Caya, Kamis (15/9).

BPBD Kabupaten Indramayu, lanjut Caya, sudah mengirimkan surat kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk bisa segera memperbaiki tanggul-tanggul yang kritis tersebut. Sehingga banjir besar yang melanda Kabupaten Indramayu awal 2021 lalu tidak terulang.

Selain disebabkan tanggul kritis, ancaman banjir juga dikarenakan Kabupaten Indramayu terletak di dataran rendah. "Terutama kalau debit  air sungai naik. Masyarakat juga diharapkan turut serta bersama-sama mencegah banjir. diantaranya dengan tidak membuang sampah di sungai dan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing," ungkap Cahya.

Sementara itu forecaster pada BMKG Stasiun Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, menjelaskan saat ini wilayah Cirebon, termasuk Kabupaten Indramayu, sudah memasuki masa transisi atau pancaroba. "Pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan," tutur Faiz. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT