15 September 2021, 17:43 WIB

Hujan Es Di Banjarnegara Akibat Fenomena MJO


Lilik Darmawan | Nusantara

FENOMENA hujan es terjadi di Dusun Pagondangan, Desa Wanaraja, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) pada Rabu (15/9) jam 12.50  WIB. Peristiwa tersebut teramati di Kompleks SMP Negeri 4 Wanayasa.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya hujan es yang terjadi di Dusun Pagondangan, Desa Wanaraja. "Fenomena hujan es tersebut terjadi akibat adanya aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) pada kuadaran 3 di wilayah  Indonesia," jelasnya.

Dia mengatakan fenomena MJO bersamaan dengan aktifnya fenomena
gelombang ekuatorial di sekitar wilayah Jateng. "Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besa perairan di Indonesia, yang mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan (kumulonimbus) termasuk di wilayah Jateng," kata dia.

Dengan kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal, lanjutnya, serta didukung udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga lapisan atas.juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat. "Inilah yang menyebabkan pembentukan awan hujan di wilayah Jateng," tambahnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT