15 September 2021, 16:19 WIB

Pemkot Makassar Target Vaksinasi 100% Warga Kecamatan dalam 2 Hari


Lina Herlina | Nusantara

PEMERINTAH Kota Makassar ini ibu kota Sulawesi Selatan ini, terdepan dalam program vaksinasi. Karenanya, dalam waktu dekat, melaksanakan vaksinasi di tingkat kecamatan dan kelurahan berbasis RT/RW dengan menargetkan 100 RT per hari 100 persen.

Menurut Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, dirinya sudah berkoordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan instansi terkait untuk menyukseskan program vaksinasi tersebut.

Baca juga: Adaptasi dan Inovasi Kereta Api Pada Masa Pandemi

Sehingga sistem yang dilakukan seperti saat pemilihan kepala daerah atau sejenisnya, yaitu dengan mendatangi dan mengundang warga dari rumah ke rumah untuk vaksin.

"Targetnya setiap atau satu kecamatan itu bisa dua hari rampung vaksinasinya. Agar hasilnya bisa 100 perseb warga tervaksin," sebut Danny Pomanto.

Untuk memulai lanjutnya, akan diawali pada kecamatan dengan tingkat penularan tertinggi di Kota Makassar. Dan berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Makassar, enam kecamatan dengan angka penularan tertinggi dari 15 kecamatan yang ada di Makassar, yaitu Rappocini, Panakkukang, Tamalate, Tamalanrea, Manggala, dan Tallo.

"Kalau dari pandangan epidemiolog, kita mulai dari yang paling tinggi angka kasusnya, tentunya akan di mulai dari kecamatan Rappocini," ungkap Danny Pomanto.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassar, Komisaris Besar Witnu Urip Laksana pun mengimbau, agar sebelum pelaksanaan vaksinasi massal berbasis RT/RW ini dilaksanakan, agar bisa melibatkan ibu PKK dan majelis taklim.

"Bagaimana agar masyarakat bisa divaksin harus disampaikan melalui di rumah rumah ibadah dengan melibatkan ibu ibu PKK dan Majelis Taklim, serta tokoh-tokoh masyarakat," terangnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT