15 September 2021, 13:12 WIB

TNI/Polri Segera Evakuasi Pesawat Rimbun Air


Hilda Julaika | Nusantara

TIM gabungan TNI-Polri melakukan evakuasi pesawat Rimbun Air yang jatuh usai dinyatakan hilang kontak di sekitar Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (15/9) pagi. Tempat penemuan pesawat tersebut diduga berada pada sekitar 800 meter dari bandara.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pesawat ditemukan pada ketinggian 2.400 meter dengan Koordinat 7219979585751 di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa. "Dapat ditempuh menggunakan sepeda motor, kemudian harus berjalan kaki menuju perbukitan untuk sampai di titik jatuhnya pesawat," kata Kamal kepada wartawan, Rabu (15/9).

Pihaknya belum bisa memastikan terkait kondisi kru yang berada di pesawat usai jatuh. Menurutnya, saat ini tim evakuasi masih dalam perjalanan untuk dapat tiba di lokasi.

Diketahui, pesawat itu berisi tiga awak, yakni pilot, kopilot, dan seorang teknisi pesawat. Karena bertujuan membawa kargo barang, pesawat tersebut tidak membawa penumpang lain.

"Karena jatuhnya pesawat di perbukitan, sehingga tim gabungan saat ini sedang menuju ke lokasi. Mudah-mudahan 2 sampai 3 jam ke depan sudah tiba di lokasi dan segera melakukan evakuasi," jelas Kamal.

Menurutnya, pesawat dapat terjatuh saat terbang karena kondisi cuaca yang tak mendukung. Diperkirakan, pesawat akan melakukan landing tetapi landasan tak terlihat dengan jelas. "Ini karena jatuhnya pesawat tidak terlalu jauh dari bandara," ucap dia.

Menurut Wadanyonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono, pesawat itu ditemukan dalam kondisi hancur berdasarkan hasil pantauan udara yang dilakukan. "Yang utuh tinggal bagian tengah sampai ekor. Bagian kokpit hancur tidak terlihat," ucap Edi saat dikonfirmasi.

Dijelaskan, pesawat tengah berangkat dari Kabupaten Nabire menuju Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, sekitar pukul 06.40 WIT dengan membawa bahan makanan dan sembako. Setelah beberapa jam hilang kontak, jejak pesawat itu mulai terlacak beberapa kilometer dari bandara. 

Baca juga: Pesawat Rimbun Air Ditemukan, Kondisi Bagian Depan Hancur

"Sekitar 3,5 km dari bandara Bilorai, Sugapa. (Ditemukan) Di tengah hutan, di atas gunung," jelasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT