15 September 2021, 00:06 WIB

Rayakan HUT ke-388 Karawang, INOTEK dan Sampoerna Gelar UMKM Bangkit dan Peduli


Ghani Nurcahyadi | Nusantara

DALAM rangka memperingati HUT ke-388 Kota Karawang, Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) dan PT HM Sampoerna (Sampoerna), melalui payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia, bersama 68 UMKM binaan di Kabupaten Karawang menjalankan kegiatan UMKM Bangkit dan Peduli. 

Kegiatan yang berjalan pada 14-16 September 2021 itu mengajak UMKM binaan untuk memproduksi dan membagikan bantuan kepada masyarakat Karawang yang terdampak Covid-19.

Setelah dua kali melaksanakan kegiatan serupa, UMKM Bangkit dan PeRayakan HUT ke-388 Karawang, INOTEK dan Sampoerna Gelar UMKM Bangkit dan Peduli kali ini mengusung tema “Berbagi untuk Kebangkitan Wirausaha Karawang”. Kegiatan mencakup pembagian sebanyak 388 paket makanan dan hand sanitizer sebagai simbol kebangkitan UMKM Karawang untuk memperingati HUT Karawang ke-388.

Kegiatan itu juga merupakan bagian dari rangkaian program Build Back National Economy Better (BBNEB) dari INOTEK dan Sampoerna, melalui payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia yang ditujukan untuk mendukung wirausaha dan UMKM sebagai penopang perekonomian bangsa yang kini terdampak pandemi Covud-19. 

Direktur Eksekutif INOTEK Foundation Ivi Anggraeni mengatakan, program BBNEB dirancang untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat dengan pendampingan bagi UMKM untuk beradaptasi di tengah keterbatasan gerak usaha akibat pembatasan sosial yang berlaku.

Baca juga : Bank BJB dan Pemkab Sumedang Sepakati Pengembangan Kompetensi ASN Melalui BJB University

“Besar harapan kami agar kiranya langkah kecil ini mampu memberikan semangat dan motivasi bagi garda terdepan pejuang ekonomi yaitu UMKM demi mendorong terciptanya pemulihan ekonomi nasional" kata Ivi. 

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat menegaskan komitmen Sampoerna melalui payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya melalui UMKM sebagai tulang punggung perekonomian termasuk di Kabupaten Karawang. 

“Kami senantiasa mendukung geliat UMKM dan khususnya pada momen perayaan HUT Karawang ke-388 ini, kami harap program ini dapat mendorong perputaran ekonomi di tingkat lokal, mendukung memperluas pangsa pasar UMKM Karawang serta berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ishak.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Kabupaten Karawang Ade Sudiana menyampaikan dukungannya kepada kegiatan itu untuk mendorong kebangkitan UMKM serta turut memeriahkan HUT Kabupaten Karawang ke 388 “Sarasa-Sayangi Diri Karawang Sehat”.

Pendampingan dan kegiatan komersialisasi UMKM dalam rangka memeriahkan HUT Karawang melalui program BBNEB dilaksanakan pada September. Adapun beberapa rangkaian kegiatan yaitu Harbolnas 9.9 melalui inotek.market, pelatihan dan dilanjutkan dengan pameran bazaar produk unggulan UMKM pada tanggal 23-26 September 2021 serta business matching dengan pojok lokal dari Sampoerna Retail Community (SRC) untuk memasarkan produk UMKM lokal di toko-toko kelontong anggota SRC.

Dalam pelaksanaannya, INOTEK dan Sampoerna menggandeng beberapa mitra strategis, diantaranya adalah Dinas KUKM Pemerintah Kabupaten Karawang. BBNEB juga telah memberikan pendampingan bagi lebih dari 500 UMKM di Jakarta dan Karawang dengan fokus pada komersialisasi produk untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup UMKM. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT