14 September 2021, 17:45 WIB

Dukung Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan Badung Tebar 30 Ribu Benih Ikan Nila


Ruta Suryana | Nusantara

GUNA mendukung ketahanan pangan di masa pandemi, Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Bali menebar 30.000 benih ikan nila di Jaba Pura Mumbul Sari dan saluran irigasi Desa Angantaka, Selasa (14/9).

Kepala Dinas Perikanan Badung, I Nyoman Suardana mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Perbekel (Kepala Desa) Angantaka dan Karang Taruna Catur Tunggal Desa Angantaka dalam upaya melestarikan hayati sungai, menjaga kebersihan sungai dan sekaligus mendukung ketahanan pangan terutama pada masa pandemi Covid-19.

Pihaknya berharap benih ikan yang ditebar agar dipelihara, dijaga kelestariannya, tidak diracun, disetrum, yang pada nantinya dapat dipanen untuk dikonsumsi.

''Di samping itu dengan adanya ikan di sungai akan menambah hayati ikan karena banyak jenis ikan yang sudah punah seperti ikan nyalian, betok, jeleg, bahkan anak-anak sekarang tidak tahu yang namanya jubel, klipes dan sejenisnya,'' ujarnya.

Menurut Suardana, dengan adanya masyarakat memelihara ikan di sungai diharapkan dapat mengurangi masyarakat yang membuang sampah sehingga sungai menjadi bersih, sebagaimana kebijakan Bupati Badung yang menjadikan sungai sebagai tampak depan rumah kita bisa terwujud.

''Sampai saat ini kita sudah menebar 1.732.000 ekor ikan dari target 2.100.000 ekor di tahun 2021,'' ujarnya. 

Adapun penebarannya dilakukan di beberapa kolam kelompok budidaya, saluran irigasi, dan beji, yang semuanya sesuai dengan permohonan dari masyarakat.  (RS/OL-10)
 

BERITA TERKAIT