14 September 2021, 21:18 WIB

Kebun Binatang Bandung Lakukan Persiapan Sebelum Kembali Dibuka


Naviandri | Nusantara

WALAU Kota Bandung, Jawa Barat telah memberlakukan PPKM Level 3, pengelola Kebun Binatang Bandung belum mau membuka obyek wisata tersebut. Saat ini, pihak pengelola masih melakukan berbagai persiapan termasuk dalam hal aplikasi Pedulilindungi.

"Kami masih banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum membuka. Kami juga harus lakukan pembersihan dan perawatan karena tutup dalam waktu cukup lama," jelas Marketing Communication Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii, Selasa (14/9).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, selain Kebun Binatang Bandung, tempat wisata lain yang juga telah diberi izin untuk beroperasi kembali adalah Saung Angklung Udjo, Kiara Arta Park, Karangsetra, dan Trans Studio Mal (TSM).

"Yang jelas pengunjung yang hendak berwisata minimal harus sudah lakukan vaksin dosis pertama. Persyaratan itu harus sudah wajib di setiap objek wisata. Pengelola objek wisata harus lebih ketat utamanya dalam protokol kesehatan. Harus ada aplikasi pedulilindungi yang dipasang di pintu masuk dan keluar," ujarnya.

Relaksasi objek wisata di Kota Bandung sudah tertuang dalam Perwal Nomor 84 Tahun 2021. Kapasitas pengunjung sebesar 25 persen dan jam  operasional mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Berdasarkan data dari pusat Covid-19 Kota Banndung, kasus  aktif Covid-19 di Kota Bandung sudah berjumlah di bawah 500 orang per Senin (13/9). Kondisi ini menunjukkan tren yang mulai melandai meskipun ada penambahan kasus namun per hari tidak sampai lebih dari puluhan orang yang positif.

Melandainya penyebaran Covid-19 di Kota Bandung, salah satu faktornya ialah gencarnya kegiatan vaksinasi yang dilakukan baik oleh pemkot maupun swasta.

"Sejauh ini, beragam upaya kami lakukan berbuah hasil. Angka warga yang terkonfirmasi positif cenderung melandai. Di saat yang sama, kami berupaya juga pulihkan kehidupan ekonomi, pendidikan, dan sektor kehidupan lainnya," kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT