14 September 2021, 21:10 WIB

Jokowi Minta Gibran Tambah Ruang Terbuka Hijau Di Kota Solo


Widjajadi | Nusantara

KOTA Solo, Jawa Tengah dinilai kurang 'hijau'. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat pulang ke Solo akhir pekan lalu. Jokowi pun perlu mengingatkan Gibran Rakabuming Raka, putra sulungnya yang merupakan Wali Kota Solo untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH).

"Hal itu yang disampaikan ke saya bahwa penghijauan di Solo masih kurang hijau. Perlu prioritas untuk menambah RTH," ungkap Gibran, Selasa (14/9).

Ayah Jan Ethes itu menuturkan, ayahnya saat kunjungan kerja di Solo, melihat masih ada permasalahan dalam pengelolaan ruang hijau kota, sehingga keberadaan Kota Solo masih kurang hijau. Dia berterus terang mendapatkan masukan soal penghijauan itu langsung dari Presiden Jokowi ketika melakukan kunjungan kerja di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Sebenarnya, lanjut dia, sebagai walikota Solo, dirinya telah membahas RTH, dalam RJMD. Karena diakui, Badan Lingkungan Hidup programnya memang baru 10 persen-12 persen, atau masih jauh dari ideal yang diharapkan sebesar 15 persen.

Lebih jauh, Gibran mengaku, bahwa selain masukan soal penghijauan, juga menyoroti soal masalah pendidikan harus digenjot lagi. Lebih dari itu, ia juga mengakui, karena waktu terbatas melakukan kunjungan Presiden (Jokowi) tidak sempat ke beberapa lokasi yang ada di Solo. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT