14 September 2021, 19:32 WIB

Capaian Vaksinasi Covid-19 Di Bengkulu Masih Rendah


Marliansyah | Nusantara

PENCAPAIAN vaksinasi covid-19 di Provinsi Bengkulu, masih sangat rendah. Berbagai upaya dilakukan Pemrov Bengkulu untuk menggenjot cakupana vaksinasi Covid-19  

"Untuk dosis pertama pada 22 persen dan dosis kedua baru mencapai 14 persen. Ini sangat jauh dari target," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Selasa (14/9).

Untuk itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Bengkulu, juga akan melakukan vaksinasi massal di beberapa wilayah. Dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, empat kabupaten yang capaian vaksinasinya masih rendah yaitu Kaur, Seluma, Bengkulu Tengah, dan Kepahiang. Sedangkan  capaian vaksinasi covid-19 tertinggi adalah Kota Bengkulu dan Kabupaten  Bengkulu Tengah.

Untuk menggenjot vaksinasi bagi masyarakat, Dinkes sudah melakukan beberapa upaya mulai dengan bekerjasama dengan pihak-pihak yang mampu mengumpulkan massa dalam jumlah yang banyak hingga melaunching kegiatan-kegiatan. Selain itu, Dinkes sedang menyiapkan kegiatan untuk vaksinasi massal bagi para siswa dan telah melaksaakan launching vaksinasi bagi ibu  hamil.

Dinkes juga telah mengambil langkah yang sudah dilakukan pemerintah provinsi, dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten/kota sehingga target vaksinasi yang saat ini masih rendah dan secara perlahan dapat  terus bertambah.

"Kami juga merencanakan melaksanakan vaksinasi  massal di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, yang merupakan pulau terluar Provinsi Bengkulu. Targetnya, 3000 orang," imbuhnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT