14 September 2021, 18:01 WIB

Kabupaten Sorong Menjadi Tempat Pengambilan Api PON XX


Martinus Solo | Nusantara

API abadi PON XX akan menyala di Tanah Papua pada 2021. Sumber api abadinya akan diambil dari PLTMG EP Site Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat, pada 25 September 2021.

Adapun api abadi diambil dalam bentuk lentera dan diiringi oleh api obor PON lain. Selanjutnya rute perjalanan api abadi PON XX Papua dari PLTMG Klamono diarak menuju Kantor Bupati Sorong pada 27 September 2021.

Setelah itu prosesi oleh Bupati Sorong Johny Kamuru dan akan dihadiri oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Bupati Sorong Johny Kamuru akan menyerahkan api PON ke-20 kepada Gubernur Papua Lukas Enembe selaku Ketua Panitia Besar (PB) PON Papua Ke-20.

Lalu api abadi PON ke-20 akan diarak keliling Kota Sorong, sebelum dibawa lewat Bandara Deo Kota Sorong. Api abadi PON ke-20 dalam bentuk lentera tidak akan dipadamkan kecuali api obor yang lain ketika sampai di Stadion Lukas Enembe di Kota Jayapura.

Johny menyambut baik rencana pengambilan api abadi PON ke-20 di Kabupaten Sorong. Apalagi PON tersebut merupakan pertama kali berlangsung di Papua sehingga menunjukkan kehormatan bagi Kabupaten Sorong.

"Saya merasa bangga dengan terpilihnya Kabupaten Sorong sebagai tempat pengambilan api abadi PON ke-20," ujar Bupati Johny Kamuru. Untuk itu, pihaknya berharap atlet-atlet Papua dapat memberikan prestasi terbaik untuk nama baik Papua. (OL-14)

BERITA TERKAIT