14 September 2021, 17:50 WIB

Kota Denpasar Turun Level PPKM, Pelanggaran Prokes Justru Meningkat


Ruta Suryana | Nusantara

PENERAPAN PPKM di Bali termasuk Kota Denpasar sudah diturunkan  dari level 4 ke level 3. Namun pada hari pertama PPKM Level 3, jumlah pelanggar protokol kesehatan (prokes) malah meningkat dibanding sebelumnya.

Hal itu disampaikan Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga saat melaksanakan razia penertiban protokol kesehatan. "Dibandingkan data yang kemarin (Senin, 13/9), jumlah (pelanggar prokes) hari ini (Selasa) mengalami peningkatan," ujar Anom Sayoga di Denpasar, Selasa (14/9).

Dia merinci, jumlah pelanggar hari pertama pelaksanaan PPKM level 3, Selasa (14/9) sebanyak 32 orang, terdiri dari 23 orang salah menggunakan masker dan 12 lainnya tanpa masker sehinga dikenai sanksi denda masing-masing Rp100 ribu. Sedangkan sehari sebelumnya, Senin (13/9) saat  masih diberlakukan PPKM level 4 jumlah pelanggar 17 orang, termasuk 3  orang didenda karena tanpa masker.

Menurut Anom Sayoga, peningkatan jumlah pelanggaran seharusnya tidak sampai terjadi jika semua masyarakat taat dan disiplin akan prokes. "Penurunan level harusnya masyarakat tetap disiplin prokes, sehingga kasus covid-19 bisa terus menurun," kata Anom Sayoga.

Untuk menekan penularan covid- 19  dan mencegah klaster baru dalam penertiban itu, pihaknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menaati protokol Kesehatan, yang salah satunya taat menggunakan masker. "Jadi meskipun PPKM sudah turun level, namun virus itu masih ada bahkan akan mengalami peningkatan jika masyarakat tidak taat pada protokol kesehatan," tandasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT