14 September 2021, 07:02 WIB

Kotabaru Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021


Denny S Ainan | Nusantara

BUPATI Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sayed Jafar, menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 atas keberhasilan pembangunan bidang pertanian. Ekspor komoditas pertanian asal Kabupaten Kotabaru meningkat sebesar Rp3 triliun pada semester I-2021.

Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 diserahkan Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, dalam acara Penganugrahan Penghargaan Bidang Pertanian 2021 yang diselenggarakan secara luring di Istana Wapres Jakarta, kemarin.

Data Kementerian Pertanian mencatat produk pertanian unggulan ekspor asal Kabupaten Kotabaru berupa minyak sawit dan produk turunannya berupa palm kernel, RBD, dan RBD palm stearin.

Dengan negara tujuan ekspornya adalah Cina, Selandia Baru, Filipina, Algeria, Rusia, Turki, Malaysia, Brasil, Korea Selatan dan Vietnam. Dalam arahannya, Wapres Maruf Amin mengapresiasi capaian dan kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi.

Pertanian juga dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional serta memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani. "Karena itu kita harus bersyukur bahwa di tengah disrupsi yang diakibatkan pandemi, sektor pertanian ternyata mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional," ujar Wapres.

Wapres mengingatkan, tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia, meliputi melakukan pemenuhan pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, Nurhartanto menyampaikan data fasilitasi ekspor komoditas pertanian asal Kabupaten Kotabaru yang meningkat sebesar Rp3 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY).

Para penerima penghargaan bidang Pertanian tahun 2021 untuk kategori peningkatan produktifitas provinsi dan kabupaten tertinggi tahun 2019/2020 untuk tingkat  Provinsi adalah Lampung, Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan dan Jambi. Sementara untuk tingkat  Kabupaten adalah Cilacap, Brebes,  Ngawi,  Ogan Ilir Komering Ulu Timur dan Gresik.

Sementara itu, kategori  Peningkatan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode pada Januari 2020 sampai dengan Juni 2021 untuk tingkat Provinsi adalah  Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jambi,  Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara. Sementara untuk tingkat Kabupaten adalah Kotabaru, Deli Serdang, Kotawaringin Barat, Semarang dan Bintan. (OL-13)

Baca Juga: Panen Biogas dari Peternakan Sapi Perah

BERITA TERKAIT