13 September 2021, 15:35 WIB

Terus Kucurkan Alsintan dan Bibit Dukung Program Food Estate di OKU Timur


Dwi Apriani | Nusantara

KABUPATEN Ogan Komering Ulu Timur terkenal menjadi salah satu sentra produksi beras di Sumatra Selatan. Pertanian sangat identik dengan kabupaten tersebut. Karenanya, Pemerintah Provinsi Sumsel meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk dapat mempertahankan ikon tersebut.

''Saya berharap agar ikon pertanian di Kabupaten OKU Timur tetap dipertahankan. Maka alsintan dan bibit pertanian dan perkebunan terus kita salurkan. Bantuan yang digulirkan ini harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga hasil pertanian terus meningkat,'' ujar Herman Deru, Gubernur Sumsel, usai menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) pra panen dan pasca panen untuk petani dan korporasi petani di Desa Sabahlioh, Kecamatan Bunga Mayang, kemarin.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan Gubernur berupa mesin alat pertanian traktor roda 4 ke beberapa kelompok petani, traktor roda 2, pompa air 3 inci, kultivator. Lalu bantuan alat mesin pertanian pada korporasi petani berupa traktor dan kultivator. Kemudian ada juga bantuan benih jagung, padi, serta POC.

Menurut Deru, penyerahan bantuan alsintan, benih jagung dan bibit padi ini merupakan bentuk dukungan Pemprov dalam upaya melaksanakan Program Strategis Nasional Food Estate.

Dengan mengawal pelaksanaan program food estate ini dengan baik, diharapkan Sumsel dapat menjadi percontohan untuk pelaksanaan kegiatan food estate di Indonesia.

Herman Deru menyampaikan, konsep food estate Sumsel yang ingin diwujudkannya adalah penumbuhan dan pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi melalui kegiatan pendampingan. Lalu pengawalan pertanaman komoditi pangan dan hortikultura serta komoditi pertanian lainnya sesuai rekomendasi teknis, spesifik lokasi berdasarkan kebutuhan petani mulai dari hulu sampai ke hilir yang akan menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian petani.

Selain memberikan bantuan alsintan, benih jagung dan bibit padi, Herman Deru juga mencanangkan program Penanaman Padi IP 300 di seluruh Sumsel yang dimulai dari Kabupaten OKU Timur.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah mengucapkan terima kasih atas bantuan alat mesin pertanian yang dibagikan kepada petani di OKU Timur ini. Bantuan ini tentu sangat membantu aktivitas petani dalam meningkatkan hasil pertanian.

Ia menjelaskan Kabupaten OKU Timur mendapatkan kuota 15.000 hektare untuk program food estate. ''Untuk itu kami minta bantuan dan dukungan selalu kepada bapak Gubernur dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten OKU Timur dan kesejahteraan masyarakat,'' pungkasnya. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT