13 September 2021, 13:30 WIB

Kodam III Siliwangi Gelar Vaksinasi Door to Door bagi Pelajar di Tasikmalaya


Kristiadi | Nusantara

KOMANDO Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi terus menggelar vaksinasi massal terhadap pelajar dan masyarakat. Sebanyak 1.200 orang menjadi target vaksin yang dilakukan secara door to door itu di berbagai daerah mulai di Priangan Timur. Pelaksanaan vaksinasi kali ini digelar di Kampung Cisaat, Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Pelaksana vaksinasi massal di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, langsung ditinjau Panglima Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto didampingi Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, Korem 062 Tarumanagara, Kolonel INF Muchidin, Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol INF Ary Sutrisno dan unsur pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 di terhadap pelajar yang dilakukannya selama ini dilakukannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity di akhir tahun 2021. bisa mencapai 70%. Pelaksanaan vaksin tersebut, untuk mencegah risiko gejala buruk tertular virus korona dan kegiatan belajar bagi pelajar memberikan rasa aman.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukannya dengan menyasar 1.200 pelajar SMP, SMA dan masyarakat maupun nelayan agar pengunjung yang berwisata ke Pantai Cipatujah merasa aman, nyaman, dan tenang. Juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas pada PPKM level 3 ini," katanya, Senin (13/9/2021).

Pangdam mengatakan, pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan terhadap pelajar SMP, SMA, SMK, santri dan masyarakat telah adanya peningkatan terlihat dari tingkat antusias mereka tinggi untuk divaksin. Karena, memang sebelumnya dilakukan di beberapa tempat di wilayah seperti Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Pangandaran, Banjar, dan Garut.

"Vaksinasi yang dilaksanakan tersebut akan dilakukan secara door to door kepada nelayan maupun masyarakat agar lebih nyaman dan kunjungan tetap ada pembatasan 50% di masa PPKM level 3. Apalagi, sekarang Pantai Sindangkerta, Cipatujah sendiri merupakan destinasi wisata di Jabar dan selama pandemi telah terdampak tapi sekarang ada kolaborasi bersama DKM, Babinsa dan Dinas Kesehatan supaya melakukan vaksin dengan mendatangi setiap rumah," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukannya di Kecamatan Cipatujah ini tidak hanya menyasar pelajar dan masyarakat untuk divaksin tapi memberikan bantuan 500 paket sembako bagi warga maupun nelayan yang terdampak pandemi. Karena, di wilayah lain bantuan tersebut telah diberikan kepada masyarakat di Kota Tasikmalaya dan Ciamis termasuk daerah lainnya yang selama ini dikunjungi dalam serbuan vaksinasi.

"Kodam III Siliwangi telah mendirikan 42 gerai tersebar di berbagai daerah dan menargetkan 35 ribu orang per hari berada di wilayah Jawa Barat dan Banten. Karena, serbuan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh TNI sendiri selama ini baru mencapai 1,9 juta dan akan dilakukannya kepada masyarakat guna meningkatan rasa aman termasuk kegiatan pembelajaran tatap muka bisa berjalan dengan baik dan ekonomi juga normal," paparnya. (AD/OL-10)
 

BERITA TERKAIT