13 September 2021, 20:55 WIB

Petani Empat Desa di Lembata Terima Bantuan Alsintan dari Sulaiman L Hamzah


Alexander P Taum | Nusantara

PARA petani asal empat desa yang terdampak bencana banjir bandang di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Senin (13/9), mendapat bantuan alat mesin pertanian. Alsintan bersumber dari dana aspirasi yang disalurkan anggota Komisi IV DPR RI Sulaiman L Hamzah.

Sejumlah petani mengaku sangat gembira. Para korban banjir bandang itu bertekad meningkatkan produktivitas pertanian dengan memanfaatkan empat bulan musim penghujan di wilayah itu.

Bantuan diserahkan kepada kelompok Tani Duli Woho dan Bale Alen dari Desa Amakaka, Kelompok Tani Hode Dai asal Desa Tanjung Batu, kelompok Tani Permata asal Desa Waowala, dan Kelompok Tani Beutaran asal Desa Beutaran.

Penyerahan bantuan berupa 5 traktor roda empat dan 3 cultivator atau alat menggembur tanah untuk tanaman sayur mayur itu disaksikan Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Lembata Hendrikus Mosa Langobelen, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lembata Kanisius Tuaq, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Lembata Longginus Lega dan Sekretaris
Bapelitbangda Bernadus Lajar. Penyerahan dilakukan di lokasi pengungsian banjir bandang Duliwoho, Desa Tanjung Batu, Kecamatan Ile Ape.

Penyerahan alsintan ditandai penyerahan kunci traktor roda empat kepada
Lima orang ketua kelompok tani oleh Sulaiman L Hamzah. Politikus ini berasal dari Partai Nasdem. Dia merupakan putra asli Desa Amakaka, Kecmatan Ile Ape, namun terpilih sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Papua.

"Jauh sebelum bencana banjir bandang, saya niatkan untuk sedikit berbagi guna membantu Lewotanah meski sedikit. Niat itu nyambung dengan covid-19 dan bencana, sehingga mendesak saya untuk bisa memberi bantuan. Alhamdulillah, bersama kepala dinas dan pemerintah daerah, saya bisa menggunakan dana aspirasi yang mestinya saya bawa ke dapil saya Papua. Saya niatkan ini untuk membantu warga saya yang masih dalam suasana duka akibat bencana banjir bandang," kata Sulaiman.

Sementara itu, Marselinus Masen ketua Kelompok Bale Alen asal Desa
Amakaka, mengaku gembira sebab bantuan traktor roda empat tersebut akan menolong dia dan kelompoknya untuk meningkatkan produksi jagung dan kacang-kacangan yang menjadi komoditas andalan wilayah itu.

Masen mengapresiasi niat tulus anggota DPR RI, Sulaiman L Hamzah yang
rela membantu petani asal Lembata, meski bukan daerah pemilihannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian kabupaten Lembata, Kanisius Tuaq
menyatakan kebangaan dan hormat kepada Sulaiman. "Hasil produksi pertanian di Lembata secara manual mencapai 3 ton. Tapi, jika pengelolaan menggunakan teknologi pengolahan lahan produksinya bisa naik menjadi 5 ton." (N-2)

BERITA TERKAIT