12 September 2021, 09:50 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 15 orang


Djoko Sardjono | Nusantara

SATGAS Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (11/9), melaporkan kasus terkonfirmasi positif bertambah 15 orang. Namun, di sisi lain, terdapat 8 pasien sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Dengan penambahan kasus positif baru, jumlah kasus covid-19 di Klaten akumulatif kini mencapai 34.493 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 31.442 orang sembuh, 2.879 meninggal, dan 172 menjalani perawatan.

Dari penambahan 15 kasus terkonfirmasi positif covid-19, kali ini, 3 orang dinyatakan kontak erat kasus positif. Sedangkan 12 orang lainnya terpapar saat mereka melakukan aktivitas rutin sehari-hari di Klaten.

Baca juga: TNI AL Gelar Vaksinasi Bagi Masyarakat Kabupaten Terluar di Malut

Di sisi lain, 8 pasien yang dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang, sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit/isolasi di bawah penanganan dan pengawasan ketat tim medis Dinas Kesehatan Klaten.

"Sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi di rumah minimal tujuh hari. Tujuannya agar pasien yang baru sembuh itu benar-benar sehat," kata Cahyono Widodo, Tim Satgas Covid-19 Klaten.

Adapun kasus kematian 5 orang, Sabtu (11/9), menurut Cahyono, seluruhnya meninggal dunia  terkonfirmasi positif covid-19. Dengan penambahan kasus kematian baru, jumlah korban meninggal total mencapai 2.879 orang.

"Kasus covid-19 di Klaten belum hilang. Karena itu, mari kita tingkatkan kepatuhan terdadap protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, kurangi mobilitas, dan hindari kerumunan," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT