12 September 2021, 06:36 WIB

Banjir Landa Empat Kecamatan di Tanah Laut


Denny Susanto | Nusantara

BENCANA banjir kembali melanda sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan akibat tingginya curah hujan, akhir-akhir ini. Di Kabupaten Tanah Laut, banjir merendam ratusan rumah di empat wilayah kecamatan.

Kepala BPBD Kalimantan Selatan Mujiyat, dalam laporannya, menyebut banjir terjadi sejak Sabtu (11/9) melanda sembilan desa di empat kecamatan yaitu Batu Ampar, Kintap, Panyipatan dan Takisung. 

Banjir terparah terjadi di Kecamatan Kintap, yang merendam sedikitnya 500 rumah penduduk.

Baca juga: Operasi SAR Banjir Bandang Di Ngada Dihentikan, Satu Korban Belum Ditemukan

Sedangkan di Takisung, tingginya curah hujan menyebabkan tanggul yang ada di Desa Benua Tengah jebol. 

Bupati Tanah Laut Sukamta, Minggu (12/9), mengatakan pihaknya, melalui Kepala BPBD, Sekda, Kadis PUPR, dan Tim Balai Wilayah Sungai telah melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Pantauan Media Indonesia, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terus mengguyur sejumlah wilayah di Kalsel, dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya, banjir juga terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Di sisi lain, BPBD Kalsel juga melaporkan kondisi kebakaran hutan dan lahan yang terus berlangsung di wilayah tersebut, terutama di wilayah kabupaten sebelah utara (banua enam). 

Kemarin, tim satgas udara harus bekerja keras memadamkan puluhan hektar lahan yang terbakar menggunakan helikopter water boombing di Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Berdasarkan data BMKG Kalsel, Minggu (12/9), terpantau 18 titik panas di sejumlah wilayah seperti Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Hulu Sungai Utara dan Tapin. (OL-1)

BERITA TERKAIT