11 September 2021, 20:47 WIB

Serbuan Vaksin Sasar Seribu Santri di Ponpes Miftahul Huda Tasikmalaya


Adi Kristiadi | Nusantara

PONDOK Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar vaksinasi massal menyasar 1.000 peserta. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di aula pesantren. Diselenggarakan bekerjasama dengan TNI/Polri, Sabtu (11/9).

Kegiatan tersebut mendapat perhatian langsung Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/ Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto dan Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto. Didamping anggota DPR RI, KH Asep Maoshul Affandy serta pimpinan ponpes, KH Abdul Azis Affandy.

Pimpinan Ponpres Miftahul Huda Manonjaya, KH Asep Maoshul Affandy mengatakan, kegiatan vaksinasi diikuti dengan antusias oleh santri dan warga sekitar ponpes. Pihaknya sudah beberapa kali melaksanakan vaksinasi, sebelumnya serbuan vaksin dari Polri yang dihadiri Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri.

"Para Kiai maupun Ulama sangat mendukung pelaksanaan program serbuan vaksinasi yang digelar oleh pemerintah termasuk kolaborasi TNI dan Polri yang menyasar pesantren dan pelajar. Antusias santri tinggi tetapi memang vaksinnya masih terbatas," kata KH Asep Maoshul Affandy, Sabtu (11/9).

KH Asep mengatakan, selama pandemi Covid-19 pondok Pesantren menerapkan prokes ketat. Lingkungan pesantren sendiri steril tidak ada orang masuk terkecuali santri dan pengajar. Mereka diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Di masa pandemi Covid-19, para santri tidak boleh keluar lingkungan dan semuanya harus berada di dalam pesantren. Orang tua tidak diperbolehkan masuk karena lokasinya sudah steril. Jumlah santri selama pandemi meningkat dua kali lipat mencapai 5.600 orang," ujarnya.

Sementara itu, Pangdam III/ Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan, serbuan vaksinasi di Ponpes Miftahul Huda, Manonjaya masih terus dilakukan. Termasuk di 42 gerai tersebar di beberapa lokasi dengan target 35 ribu perhari di wilayah Kodam III Siliwangi di Jawa Barat dan Banten.

"Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh TNI sendiri selama ini baru mencapai 1,9 juta. Kami akan terus lakukan agar masyarakat sadar. Vaksinasi ini dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau Herd Immunity," ujarnya. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT