10 September 2021, 21:55 WIB

Di Papua Barat, Sudirman Tegaskan PMI Melayani tanpa Pandang Bulu


mediaindonesia.com | Nusantara

SEKJEN Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Papua Barat, Rabu (8/9), untuk melantik Pengurus PMI Provinsi Papua Barat. Atas nama Ketua Umum PMI HM Jusuf Kalla, Sekjen melantik Ketua PMI Provinsi Papua Barat Nataniel D Mandacan beserta kepengurusannya.

Sudirman mengatakan, relawan PMI saat ini harus fokus dengan penanganan pandemi covid-19. Dia juga mengapresiasi para relawan PMI Papua Barat. "Dalam situasi yang tidak mudah, dan di tengah keterbatasan, relawan PMI terus bergerak membantu warga. Kami memberi apresiasi atas dedikasi yang luar biasa," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (10/9).

Sudirman juga berpesan kepada seluruh pengurus PMI Papua Barat agar menjaga netralitas serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip gerakan kepalangmerahan. "PMI sebagai organisasi kemanusiaan, melayani semua tanpa pandang bulu," katanya.

Ia juga mengingatkan pentingnya kaderisasi di organisasi PMI. "Adalah penting memperkuat kaderisasi, menyiapkan generasi muda untuk banyak terlibat dalam aktivitas kemanusiaan," tambahnya.


Baca juga: Luhut Resmikan Pengolahan Sampah Berbasis Sumber di Bali


Tokoh kemanusiaan ini juga mengapresiasi ketaatan warga Papua Barat dalam menjalankan protokol kesehatan. Sudirman berpesan agar masyarakat terus menjalankan kebiasaan baru dalam beraktivitas, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengurangi kerumunan.

"Di berbagai tempat ada warga menjual masker di pinggir jalan. Ini artinya masker sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Bila kebiasaan menggunakan masker ini terus dijalankan, insya Allah penurunan kasus covid-19 akan terus terjadi dan kita bisa keluar dari krisis ini," tuturnya.

Saat kunjungannya ke Papua, Sudirman juga singgah di markas dan Unit Donor Darah PMI Sorong. Kunjungan itu didampingi Ketua Bidang Pengembangan Organisasi PMI Pusat, Muhammad Muas.

Sementara itu, Ketua PMI Sorong Pahima Iskandar menuturkan, relawan PMI setempat sudah bekerja dengan baik melawan pandemi. Saat ini, pihaknya sedang fokus pada percepatan vaksinasi.

"Covid-19 membuat kami harus melakukan penataan fokus kegiatan. Prioritas PMI Sorong sekarang adalah membantu masyarakat dan pemerintah mempercepat vaksinasi," kata Pahima, yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Sorong. (RO/S-2)

 

BERITA TERKAIT