08 September 2021, 21:56 WIB

Generasi Muda Garda Terdepan Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19


Apul Iskandar | Nusantara

WAKIL Wali Kota Tebing Tinggi Oki Doni Siregar mengatakan Indonesia merupakan negara kaya raya yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah serta keragaman suku suku bangsa dan bahasa serta agama. Oleh karenanya harus siap menghadapi segala tantangan dan ancaman dari berbagai pihak luar.

"Negara kita adalah negara kaya yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Namun kekayaan yang kita miliki ini membuat kita terancam karena semakin menipisnya sumber daya mineral di bumi, maka negara-negara lain akan melihat ke negara yang masih memiliki kekayaaan yang berlimpah salah satunya Indonesia,'' kata Doni.

Menurut Doni, Indonesia juga kaya akan ratusan etnis, suku bangsa, dan bahasa serta agama. ''Keanekaragaman tersebut begitu rentan untuk ditebarkan isu-isu perpecahan yang ditebarkan namun sampai saat ini Insya Allah dengan izin Tuhan Yang Maha Kuasa kita masih berada dalam satu kesatuan NKRI," kata Oki Doni saat membuka pemantapan pemahaman pelaksanaan kebijakan di bidang ideologi wawasan kebangsaan dan bela negara dengan tema 'Generasi Muda Menghadapi New Normal di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Aktualisasi Nilai-Nilai Kebangsaan' di Gedung Mangampu Tua Jl. Prof. Dr. Hamka Kota Tebing Tinggi,  Sumatra Utara, Rabu (8/9).

Dalam kesempatan tersebut Oki mengingatkan kondisi pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dalam suatu negara sehingga diperlukan upaya yang keras serta disiplin agar mampu bertahan. "Wabah pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi lini kehidupan khususnya sektor ekonomi. Ekonomi akan sangat mempengaruhi stabilitas keamanan dan stabilitas politik suatu negara, jika kita tidak memahami bahaya ini maka orang lain akan membuat propaganda maka terjadilah kekacauan," kata Oki.

Kepada seluruh peserta dan generasi muda, Oki juga berharap agar dapat menjadi promotor memutus mata rantai penyebaran covid-19. "Saya berharap setelah kegiatan ini anak-anak dan seluruh peserta agar menjadi garda terdepan untuk menjadi promotor memutus mata rantai penyebaran covid-19. Semakin cepat kita memutus mata rantai covid-19 maka semakin cepat pulihlah ekonomi kita, maka akan tercapai stabilitas keamanan dan stabilitas politik di Indonesia," ajaknya.

Di akhir arahannya, Oki meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti rangkaian acara dengan sungguh-sungguh, khususnya pemahaman tentang 4 pilar negara yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

"Jangan lupakan 4 Pilar Negara yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Bapak-bapak pendiri bangsa ini telah merumuskan Pancasila yang telah mampu mempersatukan negara ini yang terdiri dari berbagai etnis, suku, bahasa dan agama berada dalam NKRI," tandasnya.

"Ikutilah acara ini dengan sungguh-sungguh karena kalianlah yang akan menjadi penerus tongkat estafet dalam bangsa dan negara. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu membentuk karakter diri untuk menjadi pribadi yang cinta Tanah Air dan menekankan betapa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan," ajaknya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tebing Tinggi Zubir Husni Harahap dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar bertujuan untuk memantapkan pemahaman dalam pelaksanaan kebijakan di bidang ideologi wawasan kebangsaan, bela negara, karakter bangsa, pembauran kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika serta sejarah kebangsaan bagi generasi muda.

"Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, yaitu pada 8-9 September 2021. Pesertanya terdiri dari para pelajar SLTA sederajat se-Kota Tebing Tinggi," imbuhnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT