08 September 2021, 19:40 WIB

BNN Bandung Barat Gagalkan Pengiriman Puluhan Kilogram Ganja Asal Sumut


Depi Gunawan | Nusantara

BADAN Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat menggagalkan pengiriman puluhan kilogram ganja dari wilayah Medan, Sumatera Utara. Satu orang ditangkap dalam kasus ini.   

"Ganja ini dibawa dari Sumatera untuk diedarkan di Jawa Barat. Dimasukan ke dalam tiga kotak dan dibungkus selotip warna cokelat," ungkap Kepala BNNP Jawa Barat, Brigjen Benny Gunawan saat gelar perkara di Kantor BNNK Bandung Barat, Rabu (8/9).

Kasus ini bermula dari kecurigaan petugas dengan truk Fuso plat nomor BK 8XX6 CO yang dikendarai tersangka MS yang tengah dalam perjalanan usai mengantar barang ke wilayah Sumatera pada Rabu, 8 September 2021. Kemudian petugas langsung membuntuti truk sejak masuk tol. Saat melewati kilometer 115 Tol Purbaleunyi Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang, petugas langsung memberhentikan kendaraan tersebut.

Barang bukti disimpan rapi dalam boks truk fuso dengan packing per dua kilogram. Terdapat tiga boks styrofoam yang berisi 67,210 gram narkotika ganja. Dari pengakuan MS, dirinya hanya berperan sebagai kurir untuk mengirimkan barang tersebut dari dari Medan.

"Total beratnya 67 kilogram. Dari pengakuan tersangka, ganja ini dibawa menggunakan bus dari sebuah kompleks pergudangan di daerah Medan Sumatera Utara, pada hari Sabtu (4/9) lalu," katanya.

Benny menjelaskan berdasarkan pengakuannya, MS dijanjikan menerima upah sebesar Rp15 juta plus uang jalan sebesar Rp3 juta oleh seseorang bandar bernama Mandor. Saat ini, BNN masih mengejar keberadaan bandar bernama Mandor tersebut.

"Ganja ini merupakan pengiriman pertama. Kami terus mengembangkan kasus ini dan memburu tersangka lainnya," ucap Benny.

Saat ini, BNN masih melakukan pendalaman terkait asal muasal narkotika ini. Benny mengaku sudah melakukan pemetaan untuk mengungkap jaringan pengedar narkotika jenis ganja ini.

"Kita masih dalami jaringan mana. Maping jaringan sudah dipantau. Ganja masuk wilayah jalur tol ke wilayah utara, kalau sabu melalui pelabuhan tikus," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT