08 September 2021, 18:17 WIB

Target Vaksinasi Covid-19 Di Tuban Terkendala Stok Vaksin


M Yakub | Nusantara

PEMKAB Tuban, Jawa Timur menyatakan target vaksinasi covid-19 di wilayah tersebut terkendala dengan ketersediaan stok vaksin. Saat ini, capaian vaksinasi di Tuban baru berkisar 30 persen.

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan, target vaksinasi Kabupaten Tuban hingga saat ini masih terkendala pada jumlah vaksin yang tersedia. Meski begitu, serapan vaksin di Kabupaten Tuban telah mencapai 30 persen, dan akan terus ditingkatkan.

"Untuk jatah vaksin, memang ada daerah yang menjadi prioritas pemerintah pusat maupun provinsi, tapi Alhamdulillah Tuban untuk  angka positivity rate cenderung menurun, begitupun dengan angka kematian," terangnya tanpa merinci berapa stok vaksin yang dimiliki Pemkab, Rabu (8/9).

Selama ini, setiap jatah vaksin datang, kata dia, langsung distribusikan pada warga yang belum menerima. Hal itu juga sebagai uaya untuk mempercepat mencapaian pembentukan kekebalan komunal.

Pemkab juga telah melaksanakan vaksinasi serentak pesantren dan rumah ibadah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Muslimah Tuban (MUTU) di Desa Widengan, Kecamatan Semanding, Selasa, (7/9). Sebanyak 750 dosis disediakan untuk seluruh siswa SMP, SMA, dan SMK yang juga merupakan santri dari Ponpes Modern Muslimah Tuban. Selain santri, masyarakat umum juga datang untuk mendapatkan suntikan vaksin.

Bupati menambahkan, saat ini Tuban masih memberlakukan PPKM Level 2. Dengan kondisi tersebut kegiatan masyarakat bakal dibuka kembali secara bertahap. "Ya sesuai dengan kondisi yang ada, tentunya tanpa meninggalkan protokol kesehatan 5M," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT