08 September 2021, 11:47 WIB

Sabran Minta Sakaryas Perbanyak Dapur Umum Untuk Korban Banjir Katingan


Surya Sriyanti |

GUBERNUR Kalteng H. Sugianto Sabran instruksikan kepada Bupati Katingan Sakaryas, untuk memperbanyak membuka dapur umum bagi korban banjir di daerahnya.

"Kita perbanyak dapur umum. Jangan sampai ada masyarakat yang kelaparan apalagi sampai meninggal. Saya tidak ingin ada masyarakat Kalteng yang meninggal karena kelaparan," tegas Sabran, saat meninjau Posko pengungsian di Jembatan Katingan, Selasa (7/9) malam.

Pada kesempatan itu gubernur juga memberikan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Katingan sebanyak 13 ribu paket. Terdiri dari sembako dan obat-obatan, yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur H. Sugianto Sabran kepada Bupati Katingan Sakaryas.

Sabran mengatakan, Pemprov dan Pemkab juga telah menyiapkan posko kesehatan penanganan untuk masyarakat yang mengalami sakit saat dilanda banjir.

"Yang sakit kita sudah kita siapkan penanganan termasuk di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan yang terdampak banjir luar biasa. Dari 11
Kabupaten yang terdampak banjir, Kabupaten Katingan yang paling parah," kata Sabran.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini kembali meninjau beberapa titik banjir di Kabupaten Katingan, dan berkunjung ke Posko Jembatan Katingan.

Di sini, Gubernur Sabran memberikan bantuan 3.000 paket sembako bagi masyarakat Kecamatan Kuala Kuayan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Seperti diketahui, saat ini ada 11 Kabupaten di  Kalteng yang terdampak banjir. Yakni, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau,
Seruyan, Kotawaringin Timur, Sukamara, Murung Raya, Lamandau, Gunung Mas, Palangka Raya dan Barito Utara.

Banjir di Kabupaten Katingan kali ini merupakan banjir yang terbesar dari 11 Kabupaten dan Kota. (OL-13)

Baca Juga: Razia di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Ditemukan Ponsel dan Sajam

 

BERITA TERKAIT