07 September 2021, 21:25 WIB

1.600 Buruh Kebun di Langkat Ikut Vaksinasi


Yoseph Pencawan | Nusantara

SEBANYAK 1.600 dosis vaksin Covid-19 tahap pertama telah disuntikkan kepada masyarakat di Kecamatan Serapit, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Selasa (7/9). Mereka adalah para buruh kebun dan keluarganya yang berada areal perkebunan Tanjung Putri milik PT Amal Tani.

Dalam keterangan tertulisnya, Pemprov Sumut menyatakan masyarakat cukup antusias menerima vaksin dari petugas. Vaksinasi yang dilaksanakan di lapangan sepakbola membuat areal kegiatan dapat diatur lebih luas. Sehingga jarak antar orang bisa maksimal sesuai protokol kesehatan. Pemprov juga memastikan kegiatan ini tidak memicu penumpukan atau kerumunan warga.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya memprioritaskan vaksinasi bagi para pekerja yang berada di kawasan pelosok atau jauh dari ibu kota. "Sentra Vaksinasi di perkebunan atau di kawasan pedalaman ini penting agar warga bisa mendapat sosialisasi terkait pentingnya protokol kesehatan sekaligus memastikan vaksin Covid-19 terdistribusi dengan baik," ungkap Edy.

Sebelumnya, pemerintah sudah memerioritaskan terlebih dahulu beberapa kalangan seperti para tenaga kesehatan (nakes), lansia, guru dan kini adalah buruh. Termasuk buruh perkebunan yang berada jauh dari perkotaan.

"Untuk kawasan pelosok, banyak rakyat yang tidak tahu tentang protokol kesehatan. Makanya, sambil kita mengingatkan mereka untuk menjalankan protokol kesehatan, kegiatan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan imun mereka dengan melakukan vaksinasi," paparnya. (YP/OL-10)

BERITA TERKAIT