07 September 2021, 12:00 WIB

Sungai Cidurian Meluap, 12 Rumah Terdampak Banjir di Jasinga, Bogor


 Dede Susianti | Nusantara

HUJAN deras yang berlangsung lama menyebabkan air Sungai Cidurian meluap dan membanjiri perkampungan warga di Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, semalam. Belasan rumah dan sejumlah fasilitas umum terdampak.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, peristiwa banjir di Kampung Parung Sapi RT 07 /RW 08, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga itu terjadi pada Senin (6/9) sekitar pukul 18.30 WIB.

Sebanyak 12 unit rumah dari 32 KK (kepala keluarga) dengan dihuni 37 jiwa terdampak. Satu unit diantaranya yakni milik keluarga Dotoy Sudrajat yang dihuni 4 jiwa mengalami rusak berat. Keluarga Dotoy dan satu keluarga lainnya yakni keluarga Ujang diungsikan ke rumah tetangga.

Sejumlah fasilitas umum pun mengalami kerusakan. Bahkan sebuah jembatan penghubung antar kampung terputus.

Kemudian 1 (satu) unit tiang listrik terbawa oleh arus sungai. Dan untuk masalah kelisttikan langsung ditangani pihak PLN setempat. Selain itu, Pondok Pesantren Darussalam yang dihuni sekitar 50 jiwa santri termasuk staf pengajarnya pun terdampak.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan pihaknya langsung merespon dengan mengintruksikan bawahanya untuk turun ke lapangan memberikan pertolongan pertama pada korban terdampak.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, segera saya instruksikan Camat, BPBD, tagana, linmas, dan instansi terkait untuk turun ke lapangan memberikan pertolongan pertama, mengecek dan memonitoring langsung perkembangan yang terjadi,” kata Ade.

Kemudian Ade menginstruksikan kepada tim Bogor Gercep (gerak cepat) agar turun ke lokasi memberikan sembako bagi warga yang terdampak.

Dia pun mengimbau kepada seluruh warganya dan pihak-pihak terkait untuk waspada akan bencana karena saat ini sudah mulai terjadi hujan.

“Mari tingkatkan kewaspadaan kita, di tengah intensitas turunnya hujan yang deras, dan jangan lupa agar terus berdo'a agar Allah SWT melindungi kita semua,” kata Ade.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Media Indonesia, pada Selasa (7/9) hujan sudah terjadi di sejumlah titik di wilayah kota maupun di Kabupaten Bogor.

Di sejumlah titik di daerah bagian Barat Kota Bogor, hujan sudah mulai turun sejak pukul 11.00 wib dengan intensitas sedang. Seperti di kawasan atau sekitar Kelurahan Curug Mekar.

"Mendungnya sih dari pagi. Tapi hujannya turun sekitar jam 11,"kata Santi, salah seorang warga di Perumahan Curug Sari Agung, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. (DDOL-09)

BERITA TERKAIT