06 September 2021, 14:13 WIB

DIY Berharap Status PPKM Bisa Turun


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

SEKDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji berharap status PPKM di DIY bisa turun. Saat ini DIY masih berstatus level IV. Pasalnya, kasus Covid-19 dan kematian pasien Covid-19 di DIY sudah jauh menurun.

"Capaian vaksin lebih dari 62% masyarakat DIY telah divaksin dan akan terus dikejar hingga minimal 80% sampai dengan pertengahan Oktober nanti dan maksimal 100%," papar dia, Senin (6/9).

Baskara Aji menyampaikan, perekonomian utama di DIY ditopang oleh dua  hal, yaitu pendidikan dan pariwisata. Dua sektor itu sangat terdampak oleh pandemi. "Dua unsur ini adalah kerumunan yang menghidupkan DIY. Jika dua unsur ini tidak ada, bisa dipastikan ekonomi DIY terpuruk," papar Baskara Aji.

baca juga: PPKM level IV

Saat ini, lanjut dia, DIY terus gencar mempercepat vaksinasi. Dengan demikian, ia berharap, setelah vaksinasi mencapai target, pembelajaran
tatap muka bisa mulai digelar, termasuk pariwisata. Melalui vaksinasi, kekebalan komunal atau herd immunity akan segera terbentuk.

Menurut dia, harus hati-hati membuka sektor ekonomi agar kesehatan tetap terjaga dan ekonomi juga bergerak. "Jadi, (kesehatan dan ekonomi) perlu berjalan beriring. Kalau bisa ya sehat dan ekonominya tetap maju. Ini yang kita harapkan," tutup Baskara Aji. (N-1)

 

BERITA TERKAIT