04 September 2021, 12:30 WIB

Gage Diterapkan di Lembang, Ratusan Kendaraan Diputar Balik


Depi Gunawan | Nusantara

RATUSAN kendaraan berplat nomor luar daerah dihalau masuk ke wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat dalam rangka penerapan ganjil-genap (gage) yang dilaksanakan petugas gabungan di persimpangan Beatrix Lembang, Sabtu (4/9).

Berdasarkan data Satlantas Polres Cimahi hingga Sabtu siang, pada hari pertama penerapan sistem gage tercatat ada 117 kendaraan roda empat yang dihalau atau diminta putar balik. Banyak warga yang tidak mengetahui bahwa aturan tersebut telah diberlakukan mulai Sabtu (4/9).

"Kegiatan dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu dari jam 8.00 WIB-18.00 WIB. Kami laksanakan gage untuk mengurangi mobilitas masyarakat pada long weekend di kawasan wisata Lembang," kata Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto di lokasi.

Dia menjelaskan, kendaraan berplat nomor ganjil dari arah Jalan Kolonel Masturi langsung diputar balik kembali ke arah Bandung. Begitu pun kendaraan dari arah Bandung yang akan memasuki kawasan ini diminta langsung kembali ke arah Bandung.

"Dikarenakan hari ini tanggal 4, kendaraan dari arah Bandung yang akan memasuki Lembang harus berplat nomor genap. Apabila ganjil, kami tekuk kiri ke Cisarua atau dikembalikan lagi ke arah Bandung. Kemudian dari Cisarua, kendaraan ganjil ditekuk kanan ke arah Bandung," bebernya.

Pihaknya memberlakukan sistem gage di tiga titik, di antaranya pusat Kota Cimahi, Padalarang, dan Lembang. Sementara di jalur masuk Subang sudah dilaksanakan penyekatan oleh jajaran kepolisian di wilayah itu.

"Kalau kendaraan dari arah Subang kan sudah disekat oleh Polres Subang. Makanya kita fokus di sini saja," jelasnya.

Selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, mobilitas masyarakat untuk berkunjung ke kawasan Lembang cenderung meningkat dibanding biasanya kendati objek wisata masih belum diizinkan buka.

"Hasil pantauan kami belum ada peningkatan signifikan, masih didominasi kendaraan berpelat nomor aglomerasi Bandung Raya. Diprediksi puncak kedatangan wisatawan terjadi pada hari Minggu besok," terangnya. (DG/OL-10)

BERITA TERKAIT