03 September 2021, 13:56 WIB

Dalam Atasi Covid-19, Pemprov Babel Berencana Lakukan Survei Serologi


mediaindonesia.com | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berjanji untuk melakukan monitoring dalam pelaksanaan penangan Covid-19.

"Ke depan, Insya Allah ini dapat kita lakukan dan beliau (Mendagri) akan monitoring lagi bagaimana pelaksanaannya di Babel," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman usai mengantarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karvian hingga ke tangga pesawat jet pribadi yang digunakannya untuk bertolak ke Jakarta, Jumat (3/9).

Sesuai jadwal kunjungan kerja, Mendagri kembali terbang ke Jakarta setelah melaksanakan rangkaian kunjungan di dua pulau di Babel.

Pesawat yang ditumpangi Tito Karnavian berangkat pukul 09.00 setelah pesawat Citylink yang membawa rombongan Kemendagri lainnya take off di Bandara yang sama menuju Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Saat bertemu dengan Gubernur Erzaldi, Mendagri berpesan agar Pemprov Babel melaksanakan langkah penanganan Covid-19 ini dengan terlebih dahulu melakukan survei serologi.

Survei serologi adalah tes mencari antibodi dalam darah untuk mengukur proporsi warga yang memiliki antibodi terhadap virus Covid-19

Di Bandara H.AS Hanandjoeddin, dengan didampingi  Kapolda Babel Anang Syarif Hidayat dan Danlanal Fajar, Gubernur Erzaldi menjelaskan kembali maksud kunjungan Mendagri ke Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

"Kehadiran beliau ke sini dalam rangka monitoring pelaksanaan penanganan Covid-19," ungkapnya.

Dalam pertemuan, Tito berpesan jika kebijakan survei ini dilakukan, akan memantapkan langkah-langkah dalam mengambil keputusan, misalnya vaksinasi Covid-19.

"Selain itu, langkah-langkah penanganan harus lebih difokuskan, walaupun memang semua perlu ditangani dengan cepat, tetapi jika dilakukan lebih fokus maka akan lebih efisien dan lebih terarah dalam menetapkan langkah kebijakan dalam penanganan Covid ini," ujar Tito.

Selaras denganarahan Mendagri, Gubernur Erzaldi mengatakan Pemprov Babel  berencana melaksanakan sistem survei serologi. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT