02 September 2021, 22:19 WIB

APBD Perubahan 2021 Cirebon Masih Prioritaskan Penanganan Covid-19


Nurul Hidayah | Nusantara

PENANGANAN Covid-19 masih menjadi prioritas pada APBD perubahan 2021 Kota Cirebon, Jawa Barat. APBD perubahan masih menunggu ketok palu  dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, menjelaskan APBD perubahan 2021 masih memprioritaskan penanganan Covid-19 di Kota Cirebon. "Ini upaya antisipasi agar tidak terjadi lonjakan. Sekalipun saat ini kasusnya  sudah mulai melandai," ujar Azis, Kamis (2/9).

Diantaranya dialokasikan untuk dukungan operasional pelaksanaan vaksinasi, pemantauan dan penanggulangan dampak kesehatan ikutan pascavaksinasi, distribusi, pengamanan, penyediaan tempat penyimpanan vaksin ke fasilitas kesehatan serta memberikan insentif tenaga kesehatan (nakes) daerah.

Program lainnya yaitu mendukung kelurahan dengan menyediakan anggaran sesuai kebutuhan untuk kegiatan pos komando tingkat kelurahan, pemberian insentif nakes dalam rangka penanganan pandemi dan belanja kesehatan lainnya serta kegiatan prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Perubahan APBD 2021 tersebut menurut Azis sudah disetujui bersama Pemkot dengan DPRD Kota Cirebon. Selanjutnya sesuai dengan ketentuan
perundang-undangan, raperda yang telah disetujui bersama tersebut telah diajukan ke gubernur Jawa Barat untuk dievaluasi. "Sebelum dijadikan perda, dikonsultasikan terlebih dahulu dengan gubernur Jabar," ujar Azis. (OL-15)

BERITA TERKAIT