30 August 2021, 21:40 WIB

Berawal dari Bisnis Rumahan, Nanda dan Putri terus Lebarkan Sayap Usaha


Media Indonesia | Nusantara

TIDAK ada yang tidak mungkin di dunia. Kuncinya adalah kerja keras, tekun, dan kreatif.  

Prinsip itulah yang selalu dipegang pasangan Nanda Adi Surya dan  Putri Rachmadania. Mereka mulai membangun bisnis saat masih pacaran pada 2012.

Setahun kemudian, pada 2013, bisnis yang berjalan dari rumah, kemas dan kirim sendiri, sudah berjalan lancar. Beberapa tahun kemudian, mereka memiliki klinik kecantikan, yang bisa membantu banyak orang.

Pada 2017, keduanya mampu memiliki rumah dan mobil pribadi. Mereka juga mendirikan dua cabang usaha di Balikpapan dan Samarinda.

Setahun kemudian, pada 2018, mereka menikah dan mengembangkan bisnis kecantikan. Perusahaan memiliki toko mewah berlantai dua. Karyawan pun semakin bertambah.

Apa kiat sukses di usia muda? “Menabung meski terbatas cobalah sedikit demi sedikit. Setelah terkumpul barulah mencoba membuat usaha. Terus mencoba meski jatuh bangkit. Capai titik tertinggi, tapi jangan lupa daratan," kata Nanda Adi Surya.

Pasangan ini selalu menerapkan konsep bersedekah, membantu banyak orang, berbagi kepada yang membutuhkan. Mereka selalu menolong warga  yang membutuhkan di pinggir-pinggir jalan.

Kisah di pinggir jalan itu juga sempat melambungkan nama keduanya. Kala itu, mereka mengunggah tayangan membantu seorang pria tua, penjual sapu di pinggir jalan, lewat media sosial tiktok @poeimuttt. Sang bapak diajak makan siang dan pulang dibekali uang. Pria itu juga dibawa berjalan-jalan, dan dihadiahi telepon seluler baru.
 
Putri Rachmadania, sang istri sering membagikan cerita mereka menolong orang banyak di laman Tiktoknya. Tujuannya selain mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, juga untuk menginspirasi orang lain. "Supaya semakin banyak warga kurang beruntung bisa tertolong," tambahnya.   

Nanda dan Putri membuka usaha pertama di Balikpapan. Bukan tanpa tujuan. Mereka ingin memberikan lapangan pekerjaan yang lebih banyak di kota utama di Kalimantan Timur itu.

“Saya juga berupaya membuka wawasan karyawan, mendidik mereka bukan hanya terfokus pada satu jobdesk, namun berani mencoba hal baru lainnya," ucap Nanda Adi Surya.

Mereka kini memiliki 70 karyawan lebih. Dalam 1 bulan klinik kecantikan mereka mampu menjual ratusan ribu paket lewat toko online.

Berawal dari menjalankan bisnis hanya menggunakan kekuatan Tiktok @poeimuttt selalu membuat konten yang viral adalah kunci strategi marketing mereka.

Tidak hanya membagikan cerita di Tiktok, sosial media instagram @poeimuttt dan @nandadis selalu dibanjiri banyak komentar positif dari netizen. Mereka mengaku bangga terhadap pasangan ini.

Tidak sedikit suara miring juga yang mengarah ke mereka. Tapi, Nanda dan Putri menjadikannya sebagai pelecut, untuk lebih maju. (N-2)

BERITA TERKAIT