27 August 2021, 12:31 WIB

Banyumas Uji Coba Buka Lokawisata Baturraden


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di Lokawisata Baturraden. Rencananya, wisata alam tersebut bakal dibuka pada Sabtu (28/8) dengan menerapkan ketat protokol kesehatan (prokes) dan pembatasan jumlah pengunjung.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan meski Banyumas masih masuk PPKM Level 4, tetapi secara umum kasusnya mengalami penurunan yang signifikan. Sehingga pemkab mengambil inisiatif untuk melakukan uji coba wisata khususnya di Lokawisata Baturraden.

"Hanya satu objek saja yang dbuka yakni Lokawisata Baturraden. Pembukaannya besok (Sabtu, 28/8)," Bupati Achmad Husein, Jumat (27/8).

Ia mengatakan sebelum melaksanakan uji coba pembukaan Lokawisata Baturraden, pemkab mengajukan izin kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Meski wisata alam, tetapi prokes harus sangat ketat. Apalagi ada pembatasan jumlah pengunjung.

"Hanya diperbolehkan 20% penunjung saja dari daya tampung Lokawisata Baturraden," jelas Bupati.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Banyumas Turun, BOR Tercatat 35,55%

Selain membatasi jumlah pengunjung, para wisatawan yang akan datang harus sudah divaksin.

"Mereka yang berkunjung hanya diperbolehkan wisatawan lokal. Mereka juga harus sudah divaksin, minimal sekali. Ini menjadi syarat yang harus dipenuhi," ungkapnya.

Bupati juga menyatakan pemesanan tiket tidak bisa langsung, harus melalui aplikasi Mas Basid atau Banyumas Bebas Covid-19 untuk sektor wisata.

"Bagi yang akan berkunjung, dipersilakan pesan tiket melalui aplikasi," pungkasnya.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT