27 August 2021, 10:00 WIB

Kadin Sumsel Salurkan 400 Tabung Oksigen ke Rumah Sakit


Dwi Apriani | Nusantara

KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sumatra Selatan memberikan 400 tabung oksigen untuk rumah sakit yang ada di wilayah tersebut. Hal ini sebagai upaya Kadin Sumsel peduli dan membantu dalam penanganan covid-19 di Sumsel.

Meski Sumsel memiliki ketersediaan oksigen yang melimpah, namun Kadin mengetahui ketersediaan tabung oksigen menjadi masalah terbesar saat ini.

Ketua Kadin Sumsel Dodi Reza Alex mengatakan pihaknya memberikan bantuan sebanyak 400 tabung oksigen berukuran 70 kilogram dengan rincian muatan 50 kilogram dan berat tabung 20 kilogram yang diperuntukkan bagi seluruh rumah sakit di Sumsel.

"Untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen warga masyarakat dan Rumah Sakit di Sumsel, Kadin Sumsel tergerak dan hari ini menyalurkan bantuan tabung oksigen gratis," ucap Dodi Reza saat penyerahan tabung oksigen gratis untuk Rumah Sakit se-Sumsel di Halaman RSMH Palembang, Jumat (27/8).

Menurutnya, oksigen menjadi kebutuhan saat pandemi covid-19 saat ini, terlebih bagi pasien terpapar covid-19.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi Rumah Sakit dan warga masyarakat di Sumsel yang membutuhkan, dan direncanakan September nanti saya akan menyediakan dua unit mobil untuk vaksin gratis keliling bagi warga Sumsel," ujarnya.

Baca juga: Pandemi, Jambi Butuh 17,2 Ton Oksigen Cair

Ia mengajak seluruh warga Sumsel untuk patuh prokes dan menyemangati tenaga kesehatan yang saat ini terus berjuang dalam penanganan covid-19.

"Terus patuhi prokes, dan kita berharap pelaksanaan vaksin dapat diikuti oleh masyarakat di Sumsel," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama RS Mohammad Hoesin Palembang Bambang Eko Sunaryanto mengapresiasi dan mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang telah diberikan yakni tabung oksigen berukuran besar.

"Saat ini tabung oksigen sangat dibutuhkan, dan kami akui RSMH kekurangan tabung oksigen. Dengan adanya bantuan kami sangat bersyukur karena pasien-pasien dapat lebih terjaga. Selama ini, kebutuhan oksigen cair mencapai 5 ton per hari dengan 40 hingga 50 tabung, atas bantuan Kadin Sumsel ini kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih," ungkap Bambang.

Bambang mengharapkan bantuan tabung oksigen dengan jumlah yang besar ini bisa bermanfaat dan rumah sakit tidak lagi mengalami kesulitan perolehan tabung oksigen.

"Oksigen menjadi bagian penting saat penanganan pasien terpapar covid-19, semoga pasien covid-19 di Sumsel terus menurun. Serta yang ikut berkepentingan dalam hal ini semoga dapat ikut mensuplai kebutuhan oksigen," pungkasnya.

Di sisi lain, Direktur RSUD Rupit Muratara Henny mengucapkan terima kasih kepada Kadin Sumsel yang telah mengalokasikan bantuan tabung oksigen 70 kg untuk keperluan RSUD Muratara.

"Bantuan tabung oksigen ini tentu sangat kami butuhkan khususnya untuk penanganan covid-19 di Muratara," ujarnya.

Senada, diucapkan Direktur RSUD Tebing Tinggi Empat Lawang Devy Andryanty. Ia mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang telah diberikan.

"Semoga dengan bantuan ini fasilitas tabung oksigen di RSUD Tebing Tinggi dapat terpenuhi dengan baik. Kami atas nama RSUD Tebing Tinggi Empat Lawang mengucapkan Terima kasih Kadin Sumsel yang sangat peduli dengan penanganan covid-19 di RSUD Empat Lawang," pungkasnya.

Adapun rincian penyaluran tabung oksigen gratis dari Kadin Sumsel di antaranya RSUP Moh Hoesin Palembang 100 tabung, RS Kota Palembang 75 tabung, RSUD Banyuasin 13 tabung. Kemudian, RSUD dan Puskesmas Muba 31 tabung, RSUD Dr HM Rabain Muara Enim 14 tabung, RSUD Kabupaten Lahat 14 tabung, RSUD Tebing Tinggi Empat Lawang 13 tabung, RSUD Muara Beliti Musi Rawas 13 tabung, RSUD Rupit Muratara 14 tabung, dan RS Lubuk Linggau 13 tabung, sisa 100 tabung oksigen disiagakan di Rumah Siaga Covid-19 Kadin Sumsel.(OL-5)

BERITA TERKAIT