26 August 2021, 17:27 WIB

Pasien Covid-19 di RSUD Undata Palu Mulai Berkurang


M Taufan SP Bustan | Nusantara

PASIEN Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata, Palu, Sulawesi Tengah, mulai berkurang. Namun demikian, tenaga kesehatan tetap disiagakan mengantisipasi kembali terjadi lonjakan kasus.  

Plt Direktur RSUD Undata, dr Amsyar Praja mengatakan, sejak sepekan terakhir, jumlah pasien yang menjalani perawatan di RSUD Undata berkurang.  Pengurangan itu, lanjutnya, karena banyak pasien yang telah sembuh.

"Selain itu, pasien Covid-19 yang datang untuk dirawat di RSUD Undata juga memang sudah sedikit," terang Amsyar, Kamis (26/8).  

Menurutnya, saat ini masih ada ruangan yang kosong. Di mana, dari 100 tempat tidur yang disediakan hanya terpakai 78 tempat tidur. "Artinya ada 22 tempat tidur yang sudah kosong," tegas Amsyar.

Dari catatan RSUD Undata, pasien Covid-19 melandai setidaknya dalam sepekan terakhir. Situasi berbeda dalam dua pekan sebelumnya, di mana setiap hari ada penambahan pasien terpapar Covid-19 dirujuk ke RSUD Undata.  

Amsyar menjelaskan, dengan berkurangnya pasien Covid-19 di RSUD Undata, diharapkan dapat berlanjut agar tenaga kesehatan bisa sedikit bernapas lega. "Karena sampai saat ini petugas tetap disiagakan mengantisipasi kembali terjadi lonjakan pasien," ujarnya.  

Amsyar mengungkapkan, sisa pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di RSUD Undata sebagian besar dalam kondisi stabil. Namun diakui ada beberapa yang harus dirawat di ICU karena masuk sudah dalam gejala berat. "Memang rata-rata pasien yang masuk ke rumah sakit kalau bukan gejala sedang, pasti gejala berat," tandasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT