24 August 2021, 19:40 WIB

Stok Oksigen Medis Di Bandung Barat Mencukupi


Depi Gunawan | Nusantara

PEMKAB Bandung Barat, Jawa Barat memastikan stok oksigen medis rumah sakit sudah relatif aman. Hal itu dikarenakan adanya pasokan suplai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah, saat ini ketersediaan oksigen aman, kemarin kita terima bantuan dari gubernur melalui posko oksigen Jabar dan kabupaten kota, merespon kelangkaan dengan mencari stok sampai ke luar daerah," kata Ketua Satgas Oksigen dan Pemakaman Bandung Barat, Maman Sulaiman, Selasa (24/8).

Karena sempat mengalami krisis oksigen, banyak pasien Covid-19 tidak tertangani hingga meninggal dunia. Maman menyatakan, saat ini ketersediaan oksigen dipastikan aman.

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur pasien (BOR) Covid-19 juga terus menurun. "BOR kita sekarang turun lagi 28 persen, sebelumnya 90 persen," ujar Maman.

Menurut dia, suplai oksigen ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Bandung Barat juga terbantu dengan selesainya perbaikan generator oksigen RSUD Cikalongwetan yang sebelumnya mengalami kerusakan.

"Generator oksigen di RSUD Cikalongwetan sebelumnya mati, sekarang sudah bisa beroperasi lagi setelah diperbaiki. Ternyata kerusakannya ada di CPU," ucap Maman.

Pihaknya juga sudah menyediakan sentra penampungan oksigen cair atau liquid oxygen yang ditempatkan di RSUD Cikalongwetan yang bisa menampung hingga 10 ribu liter oksigen.

"Setiap hari kita suplai 10 tabung dengan kapasitas per tabung 6 meter kubik. Kebutuhan ini bukan buat hari ini saja, tetapi juga hingga ke depan jika terjadi kelangkaan oksigen akibat BOR naik lagi," bebernya. (Ol-15)

BERITA TERKAIT