20 August 2021, 14:46 WIB

Di Surabaya Raya, Sidoarjo masih Zona Merah


Faishol Taselan | Nusantara

SIDOARJO menjadi satu-satunya daerah yang masuk dalam zona merah untuk kategori Surabaya Raya yang meliputi Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Ini berdasarkan peta zona risiko covid-19 yang dikeluarkan Satgas Covid-19 Jawa Timur.

Itu dikatakan Staf Khusus Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim Dokter Makhyan Jibril Al-Farabi di Surabaya, Jatim, kemarin. Untuk tren pertambahan kasus positif di Sidoarjo, kata Jibril, memang sudah berkurang dari puncak kasus pada periode 12 Juli-18 Juli yang mencapai 3.219 kasus.

Pada periode 9-15 Agustus, tambahan kasus positif di Sidoarjo turun menjadi hanya 967 kasus atau menurun 70% dari puncak kasus di periode Juli itu. "Sedangkan untuk total kematian di Sidoarjo, total kasusnya belum turun dari puncaknya. Bahkan pada minggu lalu kasus kematian baru mencapai 66 orang," kata Jibril. 

Untuk Surabaya dan Gresik, Jibril menjelaskan, selain karena tambahan kasus positif dan probable yang berkurang mencapai lebih dari 50% dari puncaknya, angka kematiannya juga turun melebihi 50%. Untuk Surabaya, misalnya, tambahan kasus positif pada periode 9-15 Agustus sebanyak 3.136 kasus atau turun mencapai 71,1% dari puncak tambahan kasus positif di Surabaya pada periode 12 Juli-18 Juli sebesar 10.846 kasus.

Baca juga: Goa Lawa Siap Terima Wisatawan, Seluruh Karyawan Sudah Divaksin

Angka kematian di Surabaya masih jauh lebih tinggi daripada Sidoarjo (66 kematian), yakni 92 kasus pada periode 9-15 Agustus. Akan tetapi persentase angka kematian di Surabaya pada periode itu turun lebih dari 50% dibandingkan puncak angka kematian tertinggi. (OL-14)

BERITA TERKAIT