19 August 2021, 18:13 WIB

ADS dan Polres Bojonegoro Bersinergi Tekan Kecelakaan Lalu Lintas


Mediaindonesia.com | Nusantara

PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) bersinergi dengan Ditlantas Polres Bojonegoro memberikan dukungan atas pengadaan perangkat INCAR. Perangkat tersebut bermanfaat untuk menertibkan pelanggar lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Bojonegoro. 

Hingga Rabu (18/8), dukungan berupa uang tunai sebesar Rp334 juta diberikan langsung oleh Presiden Direktur PT ADS Lalu M Syahril Majidi kepada Kapolres Bojonegoro Ajun Komisaris Besar EG Pandia. Proses serah terimanya dilakukan secara simbolis mewakili seluruh jajaran Ditlantas Polres Bojonegoro sebagai bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT ADS. Ini merupakan amanah para pemegang saham PT ADS yaitu Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan PT Surya Energi Raya untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat setempat.

Dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polres Bojonegoro yang didukung oleh PT ADS melakukan pengadaan perangkat canggih yang diberi nama INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record) untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. INCAR merupakan peralatan khusus yang dibuat untuk membantu tugas anggota Ditlantas Polres Bojnegoro yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeteksi beberapa parameter object detection. 

INCAR mampu mendeteksi wajah pengguna jalan dan mencocokan dengan data SIM serta mencocokkan dengan data e-KTP. Alat itu dapat pula untuk identifikasi kendaraan bermotor serta batas kecepatan yang telah ditentukan hingga nomor dan jenis kendaraan. Selain itu fitur tersebut dapat melakukan identifikasi pelanggaran lalu lintas seperti pelanggar rambu jalan, penggunaan sabuk pengaman, dan penggunaan helm. 

"Kami atas nama jajaran pemegang saham (PT SER dan Pemkab), Dewan Komisaris, dan Direksi PT ADS berharap dengan adanya perangkat INCAR dapat meningkatkan ketertiban lalu lintas, menekan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Bojonegoro, dan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro," ujar Lalu M.Syahril Majidi, Presiden Direktur PT ADS setelah proses serah terima secara simbolis dengan Kapolres Bojonegoro.

"Polres Bojonegoro sangat berterima kasih kepada PT ADS atas dukungan tersebut dalam rangka meningkatkan ketertiban lalu lintas di Kabupaten Bojonegoro. Semoga alat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," tutup Pandia.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Polda Jateng Prioritaskan Buruh Di Solo Raya

Hal itu merupakan bagian dari anggaran CSR 2021 sebesar Rp28,51 miliar yang diputuskan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 5 Agustus 2021. Salah satu amanah pemegang saham yang diemban PT ADS yakni kegiatan/usaha memutus mata rantai covid-19 untuk masyarakat terdampak serta kegiatan-kegiatan yang menunjang pembangunan di Bojonegoro. Dalam RUPSLB tersebut, para pemegang saham PT ADS (yaitu Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan PT Surya Energi Raya) menekankan prioritas-prioritas implementasi tanggung jawab sosial perseroan. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT