18 August 2021, 19:40 WIB

Kota Sukabumi Layak Turun ke PPKM Level 3


Benny Bastiandy | Nusantara

KOTA Sukabumi, Jawa Barat, masih tetap berada pada PPKM level 4. Padahal, dari berbagai basis data indikator, mestinya Kota Sukabumi sudah turun menjadi PPKM level 3.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, menuturkan berbagai indikator yang jadi penilaian di antaranya kasus baru konfirmasi covid-19 yang terus turun. Demikian juga angka kesembuhan yang makin meningkat serta keterisian ruang isolasi yang juga turun.

"Kebetulan hari ini (Rabu) Pak Kapolda (Jawa Barat) datang ke Kota Sukabumi. Sekaligus kami menyampaikan terkait data-data yang ada di wilayah Kota Sukabumi," kata Fahmi kepada wartawan seusai mendampingi kunjungan kerja Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri memantau perkembangan penanganan covid-19 di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, Rabu (18/8).

Sejatinya, kata Fahmi, Kota Sukabumi sudah harus turun menjadi PPKM L 3. Basis data yang menjadi indikator penilaian turun level sudah dikantongi Pemkot Sukabumi.

"Mudah-mudahan, Pak Kapolda bersama Forkopimda Provinsi Jawa Barat bisa menyampaikan ke pemerintah pusat. Sehingga Kota Sukabumi kita harapkan turun levelnya," jelasnya.

Berbagai pembatasan aktivitas pun masih diberlakukan di Kota Sukabumi selama penerapan PPKM level 4. Satu di antaranya pusat-pusat perbelanjaan yang belum bisa beroperasi secara penuh. "(Pembatasan) masih diberlakukan karena kita belum turun level," tegas Fahmi.

Hingga Selasa (17/8), angka pasien konfirmasi positif covid-19 di Kota Sukabumi terdata sebanyak 6.676 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.140 orang (92,0%) dinyatakan sudah sembuh, 319 orang masih isolasi, dan 217 (3,3%) meninggal dunia. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT