18 August 2021, 17:07 WIB

Harga Tomat di Palu Naik Tiga Kali Lipat


M Taufan SP Bustan | Nusantara

SUDAH sepekan ini harga tomat di pasaran Palu, Sulawesi Tengah, menembus angka tertinggi. Jika sebelumnya bumbu dapur itu dijual Rp5 ribu per kg kini sudah naik tiga kali lipat menjadi Rp15 ribu per kg.  

Beberapa pedagang mengaku kenaikan harga tomat terjadi karena menipisnya pasokan petani masuk ke pedagang di pasar. "Menipis begini pasokan karena banyak petani belum panen," terang salah satu pedagang Nur Halima saat ditemui Media Indonesia di Pasar Tradisional Inpres Manonda Palu, Rabu (18/8).  

Menurutnya, kenaikan harga tomat tiga kali lipat itu sudah terjadi tujuh hari terakhir. "Memang naiknya ini tinggi sekali karena dari harga Rp5 ribu per kg ke Rp15 ribu per kg," tegas Nur.  

Pedagang lain, Ali Mansur, menambahkan pedagang membeli stok tomat yang ada saat ini dengan harga Rp14 ribu per kg. Oleh karena itu, jika pedagang tidak menjual Rp15 ribu per kg, mereka akan rugi.  

"Ini saja cuma seribu kami pungut untung. Memang sekarang lagi susah tomat," ungkapnya.  

Mansur mengaku, meski harga tomat mengalami kenaikan, masih ada saja warga yang membeli. "Masih ada yang beli, karena ini kebutuhan dapur," ujarnya.  

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di Cilacap Kini Di Bawah 1000 Kasus

Mansur menilai, jika pasokan sepekan ke depan belum stabil, bukan tidak mungkin harga tomat masih akan naik. 
"Bisa saja sampai Rp20 rib ini per kg kalau pasokan masih sepi ke pasar," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT