14 August 2021, 20:00 WIB

Wali Kota Surakarta Yakin Pandemi Covid-19 di Wilayahnya sudah Melandai


Widjajadi | Nusantara

WALI Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka meyakini pandemi covid-19 di wilayahnya tengah melandai. Meski berstatus PPKM level 4, ia menyatakan kondisi riilnya sudah turun ke level 3, bahkan mengarah ke level 2.

Hal itu ia katakan saat menemui Ketua Komite Penanganan Covid-19 yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Sabtu (14/8), yang datang untuk melihat upaya penanganan pandemi.

Gibran mengatakan perekonomian Kota Solo akan naik lagi, seiring terus menurunnya kondisi pandemi. "Apalagi daya beli masyarakat masih baik. Begitu kita buka, saya yakini sektor wisata  dan UMKM yang paling terdampak selama PPKM, akan disambut penuh suka cita."

Pemkot Surakarta, lanjut putra sulung Jokowi itu, terus menerapkan sistem gas rem dalam menyikapi situasi pandemi. Saat kondisi semakin membaik, dan warga terpapar terus menurun, keran ekonomi dibuka lagi. Begitu juga meski masih ada yang dirawat, tapi jumlah kematian juga sangat kecil.

"Dengan kondisi membaik dan level terus menurun ini, maka kita gas lagi upaya pemulihan ekonomi. Bahkan saya juga berniat membantu oksigen konsentrator kepada enam bupati di Solo Raya. Tujuannya, kalau daerah sekitar membaik, Kota Solo tentu juga semakin baik," tegas dia .

Sementara itu terkait program vaksinasi, Kota Solo dikatakan Giban susah mencapai 75% untuk dosis pertama.

Kedatangan Airlangga Hartarto didamping sejumlah legislator Senayan dari Komisi XI, VIII, dan IV. Mereka memberikan bantuan untuk warga terpapar yang menjalani isolasi terpusat.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari 10 ribu paket sembako, 500 kilogram telur, 500 kilogram daging ayam beku, 10 ribu masker dan 100 oksigen konsentrator.

Airlangga berharap semakin menurunnya kasus covid-19 di Kota Solo bisa terus dijaga. "Jangan sampai naik lagi. Harus ada langkah strategis Satgas Covid agar pemulihan ekonomi bisa secepatnya berjalan." (N-2)

BERITA TERKAIT