14 August 2021, 19:31 WIB

PPKM Dilonggarkan, Kunjungan ke Lembang Diprediksi Naik 30 Persen


Depi Gunawan | Nusantara

KUNJUNGAN ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat akhir pekan ini diprediksi mengalami kenaikan antara 25%-30%. Hal itu disebabkan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Saat ini Bandung Barat masih menerapkan Pemberlakuan PPKM hingga 16 Agustus mendatang. Namun, dengan adannya pelonggaran fasilitas umum seperti kafe dan restoran sudah bisa menerima layanan makan di tempat namun hanya 20 menit.

"Tentu akan ada peningkatan, karena kan restoran dan cafe terutama outdoor diizinkan buka. Diperkirakan, ada peningkatan kunjungan sampai 30 persen," kata Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat, David Oot di Kampung Daun, Parongpong, Sabtu (14/8).

Namun demikian, dia menyatakan, dipastikan tempat wisata masih ditutup
hingga waktu yang belum ditentukan. "Objek wisata masih tutup, termasuk untuk jasa hiburan seperti karaoke. Kalau cafe, restoran, dan hotel kan sejak awal diizinkan buka hanya saja tidak dine in," ujar David.

Pihaknya meminta masyarakat dan pelaku wisata di Bandung Barat mengikuti aturan yang berlaku supaya mempercepat pemulihan kondisi sehingga wisata bisa beroperasi normal." Semuanya harus tetap mematuhi aturan, biar kondisi pulih seperti semula," tuturnya.

Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengharapkan, pelonggaran PPKM bisa kembali membangkitkan pariwisata di wilayahnya. Diakuinya, Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian rumah sakit sudah di bawah 50 persen, akan tetapi, pihaknya masih menerapkan PPKM Level 4 karena berada di aglomerasi Bandung.

"Tetapi berdasarkan penilaian provinsi, kita berada di level 3 sebenarnya," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT