13 August 2021, 15:25 WIB

Gibran Apresiasi PD Muhammadiyah Solo Bantu Percepatan Vaksinasi


Widjajadi | Nusantara

WARGA Kota Solo terus didorong mengikuti vaksinasi, di tengah ketersendatan pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat. Hal ini terlihat saat Wali Kota Gibran Rakabuming Raka meninjau vaksinasi dosis 2 di Balai Muhammadiyah Kota Solo, Jumat (13/8). Kegiatan vaksinasi ini yang merupakan hasil kerja bareng antara lembaga keumatan itu dengan Pemkot.

Berbarengan dengan kegiatan itu, Bank Indonesia Solo berkolaborasi dengan Hippindo (Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) dan Kementerian Koperasi dan UMKM menggelar vaksinasi di De Tjolomadoe. "Program Sosial BI ini dalam rangka percepatan vaksinasi," ujar Kepala BI Solo, Nugroho Joko Prastowo.

Wali Kota Gibran terlihat menyemangati para warga yang mengikuti vaksinasi kedua di Balai Muhammadiyah. Penyuntikan vaksin tahap kedua pada Agustus diikuti 280 warga. Pada rentang 16-17 Juli silam, sudah berlangsung vaksinasi tahap pertama di empat titik yang diikuti 814 warga di 4 tempat.

Selain Gedung Dakwah Balai Muhammadiyah Kota Surakarta, vaksinasi oleh lembaga Muhammdiyah Surakarta itu juga digelar RS PKU Surakarta, RS PKU Sampangan Surakarta, dan RSGM Soelastri Surakarta.

Gibran memberikan apresiasi Muhammadiyah atas perannya dalam penanggulangan pandemi covid-19, yang dilakukan sejak tahun lalu. Keterlibatan organisasi keumatan ini ada tim respon, layanan dapur umum, layanan psikososial, layanan desinfektan fasilitas umum, pendistribusian logistik, layanan pemakaman, hingga percepatan vaksinasi.

''Antusiasme warga untuk vaksinasi ini tinggi. Sekarang kita fokus untuk ibu hamil, menyusui, dan pelajar usia 12 tahun ke atas. Muhammadiyah ini partisipasinya luar biasa sekali. Mulai dari dapur umum, vaksinasi, dan pemulasaran. Semua gotong royong,'' ungkapnya," imbuh dia.

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Solo, KH Subari, menyampaikan, Muhammadiyah membantu program pemerintah dalam mendukung percepatan vaksinasi untuk meminimalkan warga Kota Surakarta terpapar covid-19.

"Pelaksanaan vaksinasi dari Muhammadiyah menyasar warga KTP Solo dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan," imbuh dia.

Sedang vaksinasi program sosial BI bersama HIPPINDO sudah berjalan sejak tahap pertama yang dimulai 17 Juli hingga 13 Agustus 2021, yang berlanjut tahap kedua pada Jumat (14/8) di De Tjolomadoe.

Vaksinasi ini menyasar pelaku ekonomi yakni UMKM mitra BI Solo, Klaster UMKM binaan BI Solo, dan pondok pesantren anggota Herbitren (Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren) Soloraya.

"Selain target percepatan, juga menjadi daya dorong pembangkitan ekonomi UMKM," pungkas Nugroho Joko Prastowo.

Pada bagian lain Kepala Dinkes Kota Solo, Siti Wahyuningsih juga memberikan penjelasan pelaksanaan vaksinasi ketiga bagi para petugas kesehatan (nakes) di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Solo. Ada 12.800 nakes di Solo secara bertahap akan menerima vaksin booster yang sudah masuk ke Dinkes, sebanyak 8.000 dosis lebih. (WJ/OL-10)

BERITA TERKAIT